Pertumbuhan Ekspor Shopee Sepanjang 2020

  • Konsisten berdayakan UMKM melalui penguatan program ekspor yang bersinergi dengan pemerintah untuk mendorong kemajuan ekonomi digital selama tahun 2020
  • Sesi Talkshow di kegiatan Pertumbuhan Ekspor Shopee di Sepanjang Tahun 2020

Shopee, platform e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan, senantiasa berinovasi melalui berbagai terobosan untuk selalu mendukung dan menjaga keberlangsungan UMKM binaan Shopee di seluruh Indonesia, khususnya di sepanjang tahun 2020 yang juga sejalan dengan gerakan “Bangga Buatan Indonesia”.

Tahun ini, Shopee sukses menambahkan Filipina sebagai destinasi ekspor terbarunya, menyusul Malaysia dan Singapura. 

Handhika Jahja, Direktur Shopee Indonesia mengatakan, “UMKM di Indonesia, secara tidak langsung merupakan salah satu bagian penting yang turut mendorong perputaran roda perekonomian Indonesia. Sehingga, kami sangat berterima kasih telah menjadi pihak yang dipercaya untuk berkolaborasi secara berkelanjutan dengan berbagai pihak Kementerian dan Instansi Pemerintahan selama satu tahun ke belakang, bergotong royong menciptakan ekosistem yang berpihak pada para pelaku bisnis kecil dan menengah.”

“Kami berharap, Shopee dapat senantiasa memberikan performa yang optimal dari program-program pendukung UMKM binaan kami agar dapat secara efektif merealisasikan komitmen bersama dalam mendukung UMKM di Indonesia, sekaligus mendorong perputaran roda perekonomian secara maksimal ke depannya.” 

Selain program edukasi dan pelatihan guna mendukung dan menjaga keberlangsungan bisnis UMKM yang telah dicanangkan melalui program Shopee Bersama UMKM, salah satu program inovatif yang menjadi sorotan adalah Program Ekspor Shopee “Dari Lokal untuk Global” yang telah diimplementasikan dari tahun 2019 dan terus berkembang hingga sekarang.

Berikut di bawah adalah beberapa pencapaian yang dicatatkan Shopee untuk program ekspor tersebut:

  1. Dukung UMKM untuk Berhasil Ekspor: Shopee Indonesia berhasil mendukung para UMKM binaan untuk dapat melakukan ekspor ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, dan akan merambah ke semua negara tempat Shopee beroperasi kemudian, dimulai dari Thailand dan Vietnam di tahun 2021 mendatang.
  2. Puluhan Ribu Produk Terjual di Setiap Harinya: Tidak hanya mendukung UMKM untuk berhasil ekspor, Shopee juga telah berhasil mencapai lebih dari 50.000 produk UMKM yang terjual di setiap harinya melalui aplikasi Shopee Malaysia, Shopee Singapura dan Shopee Filipina.
  3. Kategori Favorit melalui Ekspor Shopee: Shopee melalui program ekspor juga mendukung berbagai kategori favorit yang berhasil dipasarkan ke Malaysia, Singapura, dan Filipina, diantaranya adalah: Fashion Muslim dan Pakaian Wanita. Dimana didukung pula dengan adanya promosi dan/atau eksposur dalam hal pemasaran untuk para UMKM lokal untuk program ekspor Shopee Indonesia, di Malaysia.
  4. Jutaan Produk Masuk ke Dalam Program Ekspor: Terdapat 10 juta produk dari Indonesia telah masuk ke dalam program ekspor dan berkembang secara pesat dibandingkan tahun 2019 yang hanya dimulai dari 5.000 produk.

Radityo Triatmojo, Head of Public Policy and Government Relations menutup, “Sebagai perusahaan e-commerce terdepan, kami kembali menegaskan peran dan fungsi kami sebagai penyelenggara program untuk mendukung keberlangsungan UMKM, sekaligus wadah untuk memperluas akses penjualan dan pemasaran secara digital.”

“Gerakan Shopee Bersama UMKM yang telah kami hadirkan di sepanjang tahun 2020 dan program ekspor “Dari Lokal untuk Global” yang kami giatkan merupakan awal dari inovasi lainnya yang akan dihadirkan Shopee untuk para UMKM binaan kami.”

“Kami berharap perkembangan program ekspor yang merupakan salah satu fokus penguatan UMKM di masa sulit ini dapat terus didukung oleh berbagai instansi pemerintahan terkait, dan senantiasa berlangsung dengan optimal hingga seterusnya.”

Pencapaian dan realisasi program yang telah diimplementasikan, tidak luput dari hadirnya kampanye Shopee yang turut senantiasa secara tidak langsung mendukung produk lokal karya UMKM binaan.

Salah satunya yang sedang berlangsung saat ini di setiap bulannya pada tanggal 25-27 Desember, terdapat kampanye Shopee Gajian Sale, merupakan bentuk konkrit dari upaya Shopee dalam turut menghadirkan program inovatif lanjutan, untuk dapat senantiasa memberikan akses ke berbagai kebutuhan esensial para pengguna Shopee, sekaligus memasarkan produk-produk lokal karya UMKM yang ada di aplikasi Shopee, dengan penawaran menarik yang diberikan, seperti; Gratis Ongkir RP0, Flash Sale Serba 60RB dan Cashback Kilat s/d 250rb.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Diwali Mewah, Kedutaan Besar India Gelar Perayaan Megah!

Jakarta, 17 November 2024 – Hotel JW Marriott Jakarta menjadi saksi kemegahan perayaan Diwali yang...

Harga Emas Sentuh $2.600, The Fed Hambat Kenaikan Lebih Lanjut

Harga emas (XAU/USD) kembali menunjukkan pergerakan positif setelah berhasil menembus level $2.600 per ounce...

Penyaluran FLPP Capai 179.917 Unit Rumah hinggaa Oktober 2024: Program Perumahan untuk Masyarakat dan Inovasi Produk dalam Sektor Properti

Pencapaian penyaluran Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) hingga akhir Oktober 2024, yang telah mencapai...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here