Pasar Skincare Indonesia Melesat: Serum & Essence Catat Pertumbuhan 38,97% di Q3 2024

Industri skincare di Indonesia terus berkembang, dengan wanita lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibanding makeup. Pada Q3 2024, pasar serum & essence mencapai IDR 813 miliar, naik 38,97% dari tahun sebelumnya, dengan Shopee mendominasi e-commerce (80,71%).

Skintific menjadi merek teratas dengan pangsa pasar 10,1%, meskipun persaingan antar brand tetap fluktuatif. Produk terlaris adalah Elformula – Intensive Peeling Solution, dengan pendapatan $2,79 juta dan 335,6 ribu unit terjual.

Wanita Indonesia cenderung lebih banyak mengalokasikan pengeluaran untuk perawatan kulit dibandingkan dengan makeup, yang terlihat dari peningkatan pendapatan kategori skincare setiap tahunnya.

Konsumen utama dalam industri kecantikan dan perawatan pribadi di Indonesia didominasi oleh Gen Z dan Milenial, dengan Gen Z terus mengalami pertumbuhan sebagai pembeli utama, terutama setelah pandemi.

Dalam lanskap e-commerce, kategori serum & essence menjadi salah satu yang paling diminati dengan pangsa pasar sebesar 17,4% pada Q3 2024, menempati posisi kedua setelah pelembap.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai tren dan perkembangan penjualan serum & essence di berbagai platform e-commerce di Indonesia selama periode Juli hingga September 2024.

Performa Pasar Serum & Essence

Hasil riset Magpie E-commerce Intelligence menunjukkan bahwa selama periode Juli–September (Q3) 2024 pasar Serum & Essence mencapai IDR 813 miliar (naik 38,97% dari Q3 2023) dengan 10.2 juta unit terjual (naik 29,11% dari Q3 2023)

“Pasar Serum & Essence menunjukan tren positif pada Q3 2024, dengan peningkatan GMV sebesar 38,97 secara quarter-over-quarter (QoQ) dan meningkat 1,85% dibandingkan Q2 2024,” ujar Wilhendra, CEO Magpie.

Pembagian per E-commerce

Shopee mendominasi pasar pelembap wajah dengan pangsa pasar sebesar 80,71%, diikuti Lazada sebesar 11,45%, Tokopedia 7,71%, dan Blibli 0,13%.

Dominasi Shopee di pasar pelembap tetap bertahan sepanjang bulan, meskipun terjadi penurunan sedikit pada bulan Agustus. Lazada mengalami penurunan pada bulan september namun tidak merubah posisi apapun dan tetap mendominasi nomor 2 setelah Shopee.

Sukses Dalam Membangun Website Toko Online : Panduan Lengkap dari Nextgen

Di era digital saat ini, membangun website toko online yang sukses menjadi langkah strategis...

KAI dan UI Jalin Kerja Sama dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Universitas Indonesia (UI) menandatangani kerja sama dalam bidang...

I Adore Mi Amore

Rayakan Hari Kasih Sayang, dari Staycation hingga Dinner Romantis di Artotel Thamrin JakartaSambut hari...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here