Kulik Strategi Digital Marketing dan Penentuan Harga yang Tepat bagi UMKM

  • Dorong pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya, ShopeePay hadirkan sesi diskusi tentang strategi bisnis yang tertuang dalam buku panduan UMKM “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”
  • Sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM dalam menyediakan solusi komprehensif dari hulu ke hilir bagi UMKM lokal agar bisa naik kelas dan berdaya

ShopeePay, layanan pembayaran digital yang berkomitmen mendorong akses digitalisasi finansial bagi pelaku bisnis dan konsumen di seluruh Indonesia, bulan lalu meluncurkan buku panduan UMKM gratis berjudul “Bisnis Bangkit Bersama ShopeePay”. Buku panduan UMKM ini merupakan hasil kolaborasi ShopeePay bersama ukmindonesia.id, sebuah portal edukasi pengembangan UMKM persembahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) dan Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI, untuk mendukung geliat pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dan bangkit pascapandemi.

Hal ini juga sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM yang menyediakan berbagai solusi dan dukungan bagi UMKM lokal agar bisa berkembang dan berdaya.

Dalam rangka mengedukasi pelaku UMKM tentang berbagai topik yang tertuang dalam buku panduan tersebut, ShopeePay menggelar sesi diskusi virtual melalui kanal Instagramnya pada 25 Mei 2022 bersama Nova Dewi selaku Founder Suwe Ora Jamu dan Giorrando Grissandy selaku Co-Founder agensi marketing Garis Temu, yang juga turut berkolaborasi dalam penyusunan buku panduan UMKM tersebut.

Sesi diskusi virtual ini merupakan salah satu bentuk konsistensi ShopeePay dalam mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. 

Riset Sebagai Kunci Menentukan Harga yang Tepat

Menurut Nova Dewi, riset pasar adalah kunci dari penentuan harga jual produk yang tepat yang wajib dilakukan oleh setiap pelaku bisnis saat memulai usaha atau memperkenalkan produk baru ke pasar.

“Riset pasar sangat membantu dalam berbagai informasi mengenai kompetitor yang sudah lebih dulu hadir di pasar, sehingga harus dilakukan oleh pelaku UMKM saat memperhitungkan harga jual suatu produk. Harga produk yang telah ditetapkan oleh kompetitor bisa memberikan gambaran mengenai letak kedudukan produk kita di pasar nantinya. Setelah mengetahui harga yang umum untuk suatu produk, bisa dipertimbangkan apabila ingin memberikan harga premium yang lebih tinggi, atau bersaing dengan harga yang lebih rendah atau sepadan,” jelas Nova. 

Bagi pelaku UMKM yang baru memulai bisnisnya, Nova mengatakan bahwa keberanian mereka pasti akan disambut hasil yang baik apabila mereka memiliki sikap pantang menyerah serta kemauan untuk belajar. “Jangan takut untuk mengambil keputusan, karena kita bisa melakukan evaluasi secara berkala dan mengukur apabila harga yang ditentukan sudah tepat atau perlu penyesuaian. Hal seperti itu merupakan bagian dari berbisnis, dan kita akan selalu mempelajari hal baru dari setiap keputusan yang kita ambil,” tambah Nova. 

Kenali Karakter Pelanggan untuk Memaksimalkan Upaya Promosi

Dalam pembahasan mengenai digital marketing, menurut Giorrando Grissandy, cara promosi paling efektif adalah dengan mengenal target pasar secara baik dan mendalam. Pemahaman pelaku bisnis mengenai perilaku target pasarnya akan menentukan berbagai hal, termasuk penggunaan kanal komunikasi yang sesuai dengan preferensi demografi yang disasar.

Bitcoin Jatuh di Bawah $95.000, Sentimen Bearish Menguat?

Harga Bitcoin (BTC) terus mengalami penurunan, diperdagangkan di bawah level $95.000 atau sekitar Rp1,5...

TP-Link Unjuk Inovasi Rumah Pintar Tapo di CES 2025

Jakarta, 10 Januari 2025 – TP-Link memperkenalkan solusi smart home Tapo terbaru di CES 2025,...

Kenyamanan Bikin Penumpang Pilih Taksi Listrik Evista

Kenyamanan Bikin Penumpang Pilih Taksi Listrik Evista

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here