Laporan tren global ini mengungkap pemikiran dari para pemimpin tentang peran AI dalam membentuk masa depan industri kecantikan, fesyen, perawatan kulit, dan lainnya.
Perfect Corp (NYSE: PERF), penyedia solusi teknologi artificial intelligence (AI) dan augmented reality (AR) untuk kecantikan dan fesyen serta pengembang solusi ‘Beautiful AI’, mengumumkan dirilisnya laporan tren global terbaru mereka, “Tren AI Teratas yang Ikut Membentuk Industri Kecantikan dan Fesyen pada 2024.”
Laporan komprehensif ini merupakan hasil upaya kolaboratif dari para ahli dan pemimpin terkemuka di industri teknologi dan ritel yang menyumbangkan pemikiran mereka tentang penggunaan AI. Di dalam laporan ini juga ditampilkan mahadata yang bersumber dari aplikasi YouCam Suite milik Perfect Corp, yang menggambarkan cara-cara penggunaan kecanggihan AI untuk konsumen di industri kecantikan dan fesyen.
Laporan ini menganalisis bagaimana AI berpotensi besar untuk merevolusi industri kecantikan dan fesyen, dengan mendorong terciptanya pengalaman belanja yang dipersonalisasi untuk konsumen sekaligus meningkatkan interaksi antara konsumen dengan brand.
Sejak kemunculannya, AI telah mentransformasi berbagai industri dengan kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan konsumen, menyederhanakan layanan konsumen, dan mendorong inovasi dalam perjalanan belanja konsumen.
Dengan semakin berkembangnya ekspektasi konsumen di era digital, AI hadir sebagai teknologi penting yang mendorong brand dan peritel untuk lebih tanggap terhadap kebutuhan konsumen, serta untuk memastikan keberlanjutan dan profitabilitas yang lebih baik.
Tren AI teratas yang dihadirkan dalam laporan ini dijelaskan secara singkat sebagai berikut:
1. Lewat fitur percakapan, asisten berbasis AI akan membawa personalisasi dan layanan konsumen ke tingkat lebih tinggi
Asisten berbasis AI, seperti perangkat SkincareGPT dan BeautyGPT yang inovatif dari Perfect Corp., memungkinkan brand untuk memberikan rekomendasi yang sesuai dan layanan pelanggan yang responsif, meningkatkan pengalaman berbelanja dan loyalitas konsumen, menawarkan saran kecantikan secara langsung, menganalisis kulit, dan virtual try-on produk melalui percakapan yang interaktif, menghadirkan layanan yang lebih personal bagi konsumen kecantikan.