Seiring memajukan perannya sebagai penyedia pariwisata yang bertanggung jawab secara lokal dan global, Accor telah berkomitmen untuk bergabung dengan Global Tourism Plastics Initiative yang dipimpin oleh United Nations Environment Programme (UNEP) dan World Tourism Organization, bekerja sama dengan Ellen MacArthur Foundation.
Accor mengumumkan komitmennya untuk bergabung dengan Global Tourism Plastics Initiative PBB dan menghapus semua barang plastik sekali pakai dalam pengalaman tamu di hotel-hotelnya pada akhir 2022.
Tindakan Accor ini untuk mengurangi dampak lingkungan dan memperkuat upaya untuk memerangi pencemaran plastik dari lautan dunia dan lingkungan alami lainnya yang merupakan langkah maju yang signifikan bagi industri perhotelan global dan bagi grup yang telah berkomitmen pada keberlanjutan selama bertahun-tahun.
“Kami menyadari dampak signifikan yang kami miliki di planet ini dan tanggung jawab kami untuk menciptakan manfaat nyata bagi karyawan, tamu, pemasok, mitra, dan komunitas sekitar,” kata Sébastien Bazin, Chairman & CEO, Accor.
“Yang membimbing kami adalah kesadaran diri dan kesadaran sosial yang mendorong setiap orang berusaha untuk menjadi warga negara yang baik. Ini tentang kesadaran diri, kesadaran sosial dan konsisten.”
Menyambut lebih dari 120 juta tamu dan melayani lebih dari 200 juta penyajian makanan setiap tahun, Accor mengambil perannya sebagai warga korporat yang bertanggung jawab, bekerja dalam kerangka program pengembangan berkelanjutannya, selama 25 tahun terakhir.
Selain komitmen kami sebelumnya untuk menghilangkan semua sedotan plastik, pengaduk dan cotton buds, komitmen baru hari ini termasuk:
- Penghapusan perlengkapan mandi dan gelas plastik perorangan pada akhir 2020.
- Penghapusan semua barang plastik sekali pakai yang tersisa di kamar tamu, area pertemuan, restoran, dan semua area aktivitas rekreasi (spa, pusat kebugaran, dan lainnya) pada akhir 2022.
Plastik sekali pakai didefinisikan sebagai barang sekali pakai yang hanya digunakan sekali dan kemudian dibuang. Contohnya termasuk sedotan plastik, cotton buds, pengaduk kopi, gelas plastik, kantong plastik untuk binatu atau bantal tambahan, botol air plastik, semua kemasan plastik (untuk makanan, dan produk lainnya), piring dan peralatan makan plastik yang dapat dibawa pulang, hadiah plastik dan produk seperti perlengkapan mandi, sandal, pensil, dan lainnya, serta kartu kunci plastik.
Alternatif yang relevan untuk plastik akan diusulkan untuk setiap barang tertentu, dengan mempertimbangkan penilaian siklus hidup agar memastikan kinerja lingkungan yang lebih baik untuk solusi yang diajukan ke hotel kami.
Dengan lebih dari 200 juta barang plastik sekali pakai yang digunakan setiap tahun di semua area, hotel sudah mengurangi dampaknya secara signifikan. Beberapa telah menggunakan solusi yang efektif dengan memilih alternatif yang lebih berkelanjutan. Contohnya:
- 94% hotel Accor telah menghilangkan penggunaan sedotan, cotton buds dan pengaduk. 6% sisanya (sebagian besar di Cina) akan melakukannya pada akhir Maret 2020.
- 89% hotel ibis menggunakan dispenser untuk fasilitas seperti sampo. Ini berarti 2.087 hotel keluarga ibis telah menjauhkan plastik sekali pakai untuk peralatan ini. Hotel Accor keluarga ibis di Amerika Latin akan mengikuti inisiatif yang sama tahun ini.
- Fairmont telah menggunakan standar konstruksi dan renovasi baru sebagai contoh lain dari salah satu upaya kami. Hotel-hotelnya menghadirkan keran penyaringan air di kamar untuk menghilangkan air kemasan sama sekali.
- Untuk melangkah lebih jauh, merek baru “Greet” diciptakan untuk menjawab kebutuhan para tamu, sehingga dalam DNA merek itu bebas plastik. Tidak ada plastik sekali pakai saat sarapan dan hidangan yang dapat digunakan kembali digunakan untuk mentega dan selai. Selain itu, tidak ada plastik sekali pakai di kamar dan bagian hotel lainnya. Accor berencana untuk membuka 10 hotel lainnya di Eropa tahun ini.
Selain itu, beberapa hotel Accor dalam portofolio grup merek-merek terkemuka dunia – termasuk Novotel Paris les Halles, Novotel Yangon Max, Myanmar, Sofitel Bogota, banyak hotel di Bali dan Lombok, Indonesia, Ibis Styles São Paulo Anhem – telah mengambil langkah masing-masing untuk menjadi bebas plastik dan maju ke arah 100% bebas dari penggunaan plastik sekali pakai.
Salah satu tujuan utama Accor selain menemukan alternatif untuk plastik dan mengurangi dampak lingkungan adalah dengan secara positif mengubah pola pikir umum secara global dengan mengadopsi logika 3R: reduce, reuse, and recycle. Kantor pusat grup akan memimpin praktik terbaik dan hotel akan meningkatkan inisiatif dan solusi lokal mereka kepada para tamu.
The Global Tourism Plastics Initiative berperang melawan limbah plastik dan polusi. Pada September 2019, Accor Netherlands telah mengambil langkah maju dengan menandatangani International Tourism Plastic Pledge yang dipimpin oleh MVO Netherlands dan karena itu memulai pekerjaan segera mungkin oleh penandatangan Global Tourism Plastics Initiative, di mana komitmen terperinci harus disampaikan, merupakan langkah logis berikutnya.
“Polusi plastik adalah salah satu tantangan lingkungan utama di zaman kita, dan pariwisata memiliki peran penting untuk berkontribusi dalam memberikan solusi,” kata Environment Programme Economy Division Director, Ligia Noronha.
“Melalui Global Tourism Plastics Initiative, perusahaan dan destinasi pariwisata didukung untuk berinovasi, menghilangkan, dan mengedarkan cara mereka menggunakan plastik, untuk memajukan perputaran dalam perekonomian dan mengurangi polusi plastik di seluruh dunia.”
“Upaya kami tidak berhenti sampai di sini. Kami pada dasarnya adalah grup yang inovatif dan kami terus mencari lebih banyak area di mana kami dapat mengurangi dampak kami terhadap lingkungan global sambil membantu komunitas lokal kami dalam upaya mereka untuk menciptakan masa depan yang lebih sehat, lebih berkelanjutan,” kata Sébastien Bazin.
“Ketika kami berupaya untuk memenuhi komitmen kami, kami berterima kasih kepada para karyawan yang berdedikasi di seluruh dunia serta memiliki keyakinan yang sama dalam menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi para tamu, sementara mereka bepergian bersama kami dan bahkan saat mereka tidak.”