Menghadapi situasi yang tidak terprediksi tidak cukup hanya membuat rencana 1, 2, atau 3 karena ini berarti kita hanya bersiap untuk hal-hal yang sudah diramalkan. Kita harus belajar mempersiapkan diri untuk menghadapi kegagalan dari implementasi rencana yang sudah disusun dan bangkit dengan cepat menyusun rencana baru. Don’t optimize the plan, do optimize the planner.
Yang juga penting dalam berkompetisi menghadapi era tanpa kejelasan ini adalah kemampuan mengasah empati. Bagaimana kita bisa mendapatkan informasi lebih cepat dan lebih lengkap dalam memahami perspektif pelanggan untuk pengembangan produk.
Pinterest, sebuah startup teknologi yang berfokus pada segmen data visual, seperti fashion dan desain, telah mengumpulkan basis klien untuk kebutuhan spesifik ini. Sebesar 81 persen penggunanya adalah perempuan dan 55 persen penggunanya menggunakan aplikasi ini untuk mencari barang yang akan dibeli, dibandingkan dengan 12 persen pengguna Facebook.
Dengan pola pikir yang fleksibel membangun strategi yang adaptif serta kemauan untuk terus berinovasi, perusahaan dapat tetap kompetitif di tengah ketidakpastian.
EXPERD, HR Consultant/Konsultan SDM
Diterbitkan di Harian Kompas Karier 21 September 2024