Fokus dengan E-commerce Selama Pandemi
Linda Anggrea, Founder Buttonscarves, bagikan strategi bisnis bertahan di era pandemi hingga menjadi brand terpopuler di pasarnya
Tidak dapat dipungkiri, pandemi COVID-19 telah memberikan dampak besar bagi banyak brand dan pelaku usaha di Indonesia. Para pelaku usaha harus melakukan berbagai adaptasi dan inovasi guna mempertahankan bisnisnya di pasaran. Namun berbeda dengan Buttonscarves, brand lokal yang kini telah menjadi salah satu brand terpopuler di pasarnya ini mengaku tidak merubah banyak strategi bisnis selama pandemi berlangsung.
Pasalnya Buttonscarves telah fokus mempercayakan penjualan produknya melalui platform e-commerce dari awal berdiri, salah satunya dengan ZALORA, sehingga tidak merasakan dampak yang begitu besar ketika pandemi melanda.
ZALORA, destinasi online fashion, beauty, dan lifestyle utama di Asia menggandeng ribuan brand populer dan terpercaya untuk memenuhi preferensi belanja pelanggannya, salah satunya Buttonscarves. Buttonscarves merupakan brand yang memiliki fokus penjualan produk premium lifestyle bagi wanita, seperti scarf, sepatu, tas, aksesoris, hingga pakaian melalui lini bisnis Benang Jarum.
Linda Anggrea, Founder Buttonscarves mengatakan, “Sejak memulai bisnis ini, kami fokus untuk menjaga kualitas produk yang premium agar tidak kalah bersaing di pasar lokal maupun global. Hingga kini kami telah berhasil menyapa pelanggan di negara tetangga dan memperluas lini bisnis di ranah online.”
“Kami konsisten untuk memberikan konten dan kampanye menarik bagi followers sehingga penting bagi kami untuk terus menjalin kolaborasi dengan platform e-commerce, salah satunya ZALORA, dalam memasarkan produk-produk kami.”
Selama pandemi, Buttonscarves melakukan sedikit adaptasi untuk menunjang eksistensi bisnisnya tetap terjaga, seperti menutup beberapa gerai offline sementara dan fokus pada pemasaran serta penjualan online. Adapun beberapa upaya atau strategi bisnis yang dilakukan Buttonscarves dari awal hingga kini menjadi salah satu brand lokal terpopuler yang ditunggu-tunggu oleh pelanggan, seperti:
- Fokus pada kualitas produk
- Perluas lini bisnis dan produk hingga dapat sesuai dengan berbagai preferensi fashion pelanggan
- Bekerja sama dengan platform e-commerce guna mendapatkan berbagai dukungan penjualan dan pemasaran
- Kolaborasi dengan sosok publik figur ternama dalam membentuk karakter brand Buttonscarves
- Maksimalkan jalur pemasaran online seperti digital ads, live streaming, social media, dan lainnya
Dari berbagai upaya dan inovasi yang diberikan oleh Buttonscarves, pada tahun 2021, Buttonscarves berhasil menerima penghargaan dari ZALORA dengan predikat “Best Muslim Wear Category” untuk performa bisnisnya di tahun 2020 bersama ZALORA.
Tidak berhenti di sini, bertepatan dengan Hari Solidaritas Hijab Internasional pada 4 September mendatang, Linda juga memiliki harapan bersama dengan Buttonscarves untuk dapat mendukung lebih banyak wanita muslim di Indonesia bahkan dunia.
“Buttonscarves berharap dapat menggiring image wanita berhijab agar tetap modern dan stylish sehari-hari dengan meluncurkan produk-produk berkualitas dan bervariasi. Dengan begitu kami berharap akan semakin banyak wanita muslim yang tertarik dan percaya diri menggunakan hijab, dan Buttonscarves dapat menjadi brand yang selalu mendukung mereka melalui nilai-nilai yang positif,” tutup Linda.
Kunjungi zalora.com melalui desktop, mobile web, atau aplikasi ZALORA.