Ajaran mengenai kebaikan dan keburukan beserta dengan dampak-dampaknya sebenarnya kita dapatkan semenjak kecil dan masih bertahan dalam benak ingatan sampai sekarang melalui cerita-cerita.
Pada masa kecil, kita menikmati kisah kecerdikan si kancil, Bawang Merah Bawang Putih, Malin Kundang, dan banyak cerita lainnya yang mengajarkan untuk mengenai nilai-nilai kehidupan.
Nilai-nilai keagamaan yang diajarkan kepada kita pun banyak yang dilakukan melalui cerita-cerita kehidupan para nabi dan orang suci. Tanpa kita sadari, cerita-cerita ini tertanam dengan kuat dalam ingatan kita, bahkan mungkin memengaruhi cara kita berperilaku dan mengambil keputusan.
Cerita-cerita seperti ini juga tidak mengenal batas. Kisah-kisah Mahabarata serta 1001 Malam dari negara-negara seberang lautan pun sudah kita kenal jauh sebelum jaman media sosial dan berpengaruh dalam banyak aspek budaya kita.
Kita lihat betapa kuatnya sebuah cerita menyebar dan mengubah pandangan hidup seseorang, bahkan menggerakkannya. Mengapa kita tidak menggunakan cerita untuk mengembangkan budaya organisasi kita?
Nyata dan asli
Kisah-kisah hidup perjuangan para founding fathers sebenarnya merupakan materi yang sangat bagus untuk menggugah semangat para karyawan. Chairman Kawan Lama Group Bapak Kuncoro Wibowo melalui bukunya, Cahaya Makna Kehidupan, menyampaikan cerita bagaimana membangun bisnisnya dari sebuah kios perkakas kecil menjadi megastore.
Cerita mengenai masa kecilnya yang selalu duduk sekeluarga untuk makan malam bersama dengan momen sang ayah memberikan wejangan-wejangan dan pengajaran hidupnya menjadi sebuah kebiasaan yang dibawa sampai sekarang bersama dengan keluarga besar Kawan Lama Group.
Kebersamaan itu menjadi penting karena baginya Kawan Lama adalah sebuah bisnis untuk keluarga dengan misi membawa kehidupan yang lebih baik. Ia juga menceritakan bagaimana ibunya yang setiap akhir minggu memasak makanan mengundang teman-teman dan tetangga untuk bercengkerama sambil makan bersama. Dari sinilah bibit keterampilan networking yang menjadi kunci kesuksesan bisnis Kawan Lama pun bertumbuh.
Tentunya mengungkapkan cerita pribadi dan membuka diri kita mengandung risiko. Kita tidak tahu dan tidak bisa mengontrol bagaimana reaksi orang-orang. Namun, efek positifnya pastilah lebih besar karena bagaimana lagi kita meyakinkan orang lain tentang dampak positif dari nilai yang ingin kita tegakkan selain dengan menggunakan diri sendiri sebagai contoh nyata?
Heroic dan WOW
Masihkah kita ingat pahlawan-pahlawan masa kecil kita dan betapa kita berusaha untuk meniru mereka? Mulai dari gaya berpakaian, perkataan sampai pada perbuatan mereka. Kisah mereka yang melakukan sesuatu yang luar biasa bagi orang lain, kesediaan untuk berkorban, kebaikan hati, selalu menginspirasi.
Hal inilah yang dilakukan oleh manajemen Hotel Ritz Carlton dalam menularkan nilai-nilai pelayanan mereka kepada semua jaringan Hotel Ritz Carlton di seluruh dunia. Dalam rapat harian yang dilakukan oleh seluruh karyawan Ritz Carlton, kisah-kisah mengenai bagaimana seorang insan di Ritz melakukan upaya extra mile dalam memberikan servis WOW yang akan membuat tamu jatuh hati kepada Ritz dibagikan secara luas.