Citi Gandeng Mercy Corps Tingkatkan Inklusi Keuangan Digital bagi Pengusaha Perempuan 

Pada 9 Juni 2020, Pemerintah mencanangkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif-Perempuan (SNKI-P), yang bertujuan untuk mendorong akses keuangan bagi perempuan Indonesia dengan mengakomodasi berbagai kebutuhan, minat, dan latar belakang para perempuan.

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia menjelaskan, “Inklusi dan akses keuangan bagi pelaku usaha perempuan harus mendapat perhatian secara khusus. Kami tidak ingin UMKM hanya sekadar memenuhi kebutuhan rumah tangga atau hanya sebagai bumper ekonomi nasional. Pemerintah saat ini ingin menjadikan UMKM khususnya yang dipimpin oleh perempuan naik kelas. Dengan program ini, nantinya diharapkan masalah akses pembiayaan, masalah pemasaran, hingga pengembangan SDM UMKM dapat kita kolaborasikan bersama.”

Dalam sambutannya, Ade Soekadis, Direktur Eksekutif Mercy Corps Indonesia mengatakan, “Setelah berhasil melaksanakan berbagai program kewirausahaan yang bersinggungan langsung dengan UMKM, Mercy Corps Indonesia dan Citi Indonesia melihat bahwa pelatihan dan pendampingan sangat dibutuhkan oleh UMKM, terlebih dalam hal literasi keuangan untuk para pengusaha perempuan.”

“Tujuannya adalah tidak hanya membekali bisnis milik perempuan ini dengan keterampilan dan pengetahuan untuk bertahan hidup, tetapi juga untuk dapat berkembang di era serba digital seperti saat ini. Oleh sebab itu, Mercy Corps Indonesia berupaya untuk terus mendorong UMKM, khususnya UMKM yang dipimpin oleh perempuan agar lebih memahami tentang literasi keuangan serta dapat menjangkau akses inklusi keuangan.”

Pada kesempatan yang sama, Batara Sianturi, selaku CEO Citi Indonesia berkata, “Kami bangga dapat bermitra dengan Mercy Corps Indonesia melalui program SEED 4 Women karena program ini dapat membantu para pengusaha perempuan dalam memanfaatkan akses layanan keuangan berbasis teknologi digital untuk memajukan usahanya. Hal ini juga sejalan dengan komitmen Citi untuk meningkatkan inklusi dan literasi keuangan masyarakat di mana kami beroperasi, serta berperan aktif dalam upaya kesetaraan jender.”

Di kesempatan sebelumnya, Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia sudah menjalin kerja sama dalam agenda Global Community Day yang bertajuk Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs.

Kegiatan yang dilakukan pada tanggal 10 Juni 2022 tersebut diselenggarakan secara hybrid (offline dan online) serentak di empat kota besar, yakni Malang, Bandung, Surabaya, dan Solo.

Sedangkan, pada tanggal 13, 15, 17 Juni 2022, Webinar Series Festival for Women-led Small Entrepreneurs dilaksanakan secara online melalui Zoom dan diikuti oleh peserta dari berbagai kota, di antaranya Kota dan Kabupaten Malang, Denpasar, Bandung, Bogor, Yogyakarta, Solo, Batam, Binjai, Kupang dan Semarang.

Dari kerja sama yang dilakukan antara Citi Indonesia dan Mercy Corps Indonesia, diharapkan dapat ikut serta berperan aktif dalam memajukan UMKM Indonesia khususnya usaha yang dipimpin oleh perempuan melalui peningkatan akses ke layanan keuangan digital dan pendampingan digital.

Prediksi Harga Bitcoin Tahun 2025: Simak Dua Sisi Perspektif Ini

Prediksi Harga Bitcoin Tahun 2025: Simak Dua Sisi Perspektif Ini

Shopee, Skintific, dan Perebutan Tahta Pasar Pelembap Indonesia

Industri kecantikan Indonesia berkembang pesat, dengan perawatan kulit memimpin pasar senilai $2 miliar USD....

ASRI Dukung Program Keberlanjutan melalui Kemitraan Strategis dengan Xanh SM

ASRI, salah satu pengembang properti terkemuka di Indonesia, mempertegas komitmennya dalam mendukung pembangunan berkelanjutan...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here