Edukasi Filosofi Batik di 1O1 Style Yogyakarta Malioboro 

Dalam rangka hari batik nasional yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2024, 1O1 Style mengadakan workshop dan juga breakfast talk mengenai filosofi motif batik kepada tamu menginap di Amerta Restaurant, 1O1 Style Yogyakarta Malioboro.

Workshop dan edukasi ini mengundang Ir. RA. Yudi Aningtyas selaku pakar batik yang terlibat dalam PPBI Sekarjagad sebagai pembicara.

Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam acara ini adalah pembahasan filosofi batik dalam siklus kehidupan manusia mulai dari kelahiran hingga kematian sampai cara berkain dengan berbagai gaya yang tentunya masih bisa dipakai sehari-hari. 

Ir. RA Yudi Aningtyas menyampaikan, “Saya senang sekali bisa membagikan pengetahuan khususnya tentang batik yang mungkin masih banyak yang belum tahu ya, ada beberapa motif yang seharusnya dipakai untuk upacara-upacara kematian tapi dipakai untuk pesta, atau ada motif larangan bila batik tersebut dipakai ke dalam Kraton. Semoga ilmu ini bermanfaat untuk kedepannya supaya bisa melestarikan batik dengan cara yang menyenangkan.”

Acara sangat semarak dihadiri oleh para tamu yang menginap khususnya dari mancanegara. Mereka tampak antusias dengan keunikan dan kecantikan batik yang ternyata memiliki filosofi ditiap goresan batiknya. 

Dengan pembicara yang sama, kegiatan edukasi yang dilaksanakan oleh karyawan 1O1 Style Yogyakarta Malioboro juga mendapatkan antusias yang sama. Pengalaman ini dijadikan sebagai cikal bakal wawasan yang tentunya bisa disebarkan ke khalayak di waktu yang akan datang oleh para karyawan.

Iin Fitriani selaku Human Resource Manager 1O1 Style Yogyakarta menyampaikan, “Kegiatan edukasi ini bisa jadi penting sebagai salah satu cara kami untuk bisa meningkatkan kualitas karyawan dengan menambah ilmu yang mungkin baru bagi mereka. Wawasan di lingkup yang dekat dengan kami seperti batik ini bisa menjadi manfaat bagi setiap karyawan dan semoga bisa disebarluaskan kepada para tamu kami.”

XRP Hadapi Tekanan Jual: Apa yang Memicu Penurunan Harga?

Pasar kripto sedang memperhatikan XRP dengan cermat, karena tanda-tanda penurunan harga semakin jelas. Aliran...

Ekonomi AS Menguat, Token AI Pimpin Rebound di Pasar Aset Kripto

Alternatif aset kripto yang dikenal sebagai altcoin, mengalami kenaikan signifikan pada pasar aset digital...

ETF Bitcoin: Peluang dan Risiko yang Harus Diketahui Investor

Mungkin kamu sudah sering mendengar tentang Bitcoin, aset kripto yang sangat populer di kalangan investor...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here