Energi yang Menggerakkan Industri Kopi

Semakin tinggi tingkat sosial kehidupan masyarakat, mendorong bertambahnya konsumsi listrik masyarakat di satu daerah. Itu sebabnya kebutuhan masyarakat terhadap listrik berjalan, seiring dengan pemahaman seseorang terhadap perlunya meningkatkan kualitas hidup sesuai tuntutan zaman kekinian.

Salah satunya dapat terlihat dari kebutuhan seseorang untuk mengonsumsi kopi, yang kini menjadi bagian dari gaya hidup. Beberapa dekade yang lalu, pergi ke coffee shop masih menjadi “barang mewah” bagi sebagian orang, sehingga pada saat itu berkembang pula warung kopi tradisional.

Sejalan dengan berkembangnya zaman, pertumbuhan coffee shop modern kini menjamur, seiring dengan kebutuhan mereka yang mencari kenyamanan minum kopi sebagai gaya hidup, atau juga untuk menemani bekerja di depan laptop.

Kerap, bertumbuhnya coffee shop, baik merek lokal untuk kelas atas atau pun brand asal AS berwarna hijau sebagai trend setter-nya, seiring dengan kebutuhan akan sarana pertemuan informal para profesional perkotaan.

Melihat fenomena tersebut, menjamurnya coffee shop di sejumlah kota, perlu ditunjang juga oleh menariknya tampilan interior dan eksterior bangunan yang “instagramable,” bersifat kekinian. Itulah yang menjadi dasar tumbuh berkembangnya bisnis warung kopi modern saat ini. 

Data dari Ditjen Industri Agro Kemenperin menyatakan, pertumbuhan konsumsi produk kopi olahan dalam negeri meningkat rata-rata 7% per tahun. Pertumbuhan ini didorong oleh bertumbuhnya masyarakat kelas menengah dan perubahan gaya hidup masyarakat.      

Indonesia adalah negara penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam dan Kolombia. Ini menjadi potensi pengembangan industri pengolahan kopi di dalam negeri. Produksi kopi kita adalah 639.000 ton tahun 2017 atau 8 persen dari produksi kopi dunia dengan komposisi 72,84 persen merupakan kopi jenis robusta dan 27,16 persen kopi jenis arabika. 

Photo by Andrew Neel from Pexels

Listrik dan Industri Kopi

Sejalan dengan tema Electricity Lifestyle, yang mengemuka dalam penyelenggaraan Bali Collection Festival 2019 (BCF 2019), seperti dikemukakan oleh Pambudi Prasetyo selaku Ketua Penyelenggara Festival Kopi, acara ini bertujuan memperkenalkan dan menggabungkan antara kemampuan seniman setempat, dengan keindahan Bali beserta kuliner, dan tampilan produk kerajinan lokal kepada para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

“Agustus adalah musim puncak kunjungan turis kedua di Bali setelah Idul Fitri, sehingga kami menyelenggarakan event yang sudah berlangsung selama 5 tahun ini, di mana di dalamnya kami masukkan event Festival Kopi, yang baru diselenggarakan pertama kalinya tahun ini. Kami berharap dapat berlangsung juga sebagai event tetap setiap tahun,” jelas Pambudi. 

Industri kopi saat ini termasuk salah satu industri yang sedang “sexy,” luas sekali penggunaannya, sehingga orang dapat memanfaatkan ruangan tersisa di halaman rumahnya saja, yang berukuran 3 X 3 m2. Mengingat semua mesin yang dipergunakan di warung kopi modern, lebih luas coffee shop, saat ini menggunakan listrik, sehingga pasokan listrik sepenuhnya mendukung perkembangan ekonomi kreatif.  

Pada Festival Kopi yang berlangsung 16 – 18 Agustus 2019 di Nusa Dua, Bali, ditampilkan sejumlah acara, seperti perbincangan dan pengetahuan tentang kopi, serta pameran kopi yang menampilkan potensi kopi dari seluruh Indonesia.

Di sini para pengunjung dan investor dapat saling mingle, ataupun juga berkomunikasi langsung dengan para petani atau pemilik kebun kopi, demo sangrai (roasting) kopi, dan menyaksikan langsung buyer’s cupping.    

Acara yang diikuti 48 booth ini, menampilkan wakil dari pemerintahan, market place, lembaga pembiayaan dan perbankan, serta para pemain di bidang industri perkopian. Partisipan dalam pameran antara lain Kementerian Perindustrian, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Bandung, Terminal Coffee (binaan Pemda setempat), Kopi Nusantara, Coco Group, Tropical Group, Prada Group, The Paon Group, serta sejumlah pemilik brand kopi kekinian.

PT PLN (Persero) sebagai salah  satu pengisi stand, juga mendukung bertumbuhnya industri kopi di Indonesia, melalui pemberian pelatihan dan penanaman kopi lewat anak perusahaannya Unit Pembangkit Mrica PT Indonesia Power di Desa Pengundungan dan Desa Krinjing, Jawa Tengah.

Melalui program CSR-nya dapat membawa dua kelompok petani Kopi Senggani dari Kelompok Tani (Poktan) Rising – Desa Pengundungan dan Kopi Krinjing dari Poktan Bumi Asih memberi nilai tambah bagi para anggota Poktan dan juga industri terkaitnya.                 

Menurut Pambudi, luasnya penggunaan listrik dimulai sejak dari kopi tersebut ditanam sampai siap diminum. Proses penanaman kopi tidak hanya membutuhkan energi secara intensif, baik digarap dengan sistem tanam sederhana ataupun yang menggunakan mesin (mekanisasi pertanian). Faktanya, hampir 60% energi yang dipergunakan untuk menghasilkan secangkir kopi, terutama terletak pada sisi distribusi (pengangkutan), roasting (proses sangrai), dan penyeduhan (brewing) kopi. 

Mesin roasting beroperasi pada suhu temperatur 550 derajat Fahrenheit, dan setiap satu jam menghabiskan sekitar 1 juta BTU (British Thermal Unit). Dari semua proses, penyeduhan kopi yang membutuhkan energi paling besar.

Menggabungkan antara panas dari energi listrik itulah yang masuk  dalam seni dan energi penyediaan kopi, termasuk berbagai mesin penyeduhnya. Secara total energi yang dipergunakan untuk menghasilkan 100 mililiter kopi setara dengan 1,94 megajoules, atau setengah KwH.  

Daya Minimal dan Investasi

Hal senada juga dikemukakan oleh Nyoman Suweca selaku Ketua Indonesian Barista Association (IBA) Bali, yang secara organisasi berada di bawah Indonesian Food and Beverage Association Commitee (IFBAC) Bali.

Menurut dia, untuk mendirikan coffee shop kekinian yang menampilkan frame mural yang menarik, dengan investasi lampu, meja dan kursinya, serta sekitar 4 jenis mesin untuk membuat kopi diperlukan investasi awal berkisar antara Rp100 – 150 juta. Biasanya satu coffee shop juga minimal mempekerjakan antara 4 -5 orang, termasuk barista dan waiter (pramusaji). 

“Investasi terbesar adalah pada harga mesin-mesin seperti coffee grinder (mesin giling kopi), mesin espresso, french press (alat penghilang ampas kopi), milk steamer, dan kulkas untuk menyimpan susu dan campuran bahan kopi lainnya (chest freezer). Sebab harga satu jenis mesin saja berada sekitar Rp35 – 50 juta; kemudian juga jenis kopi yang banyak disukai saat ini adalah jenis kopi premium, yakni specialty coffee (jenis kopi khusus yang tumbuh di daerah tertentu),” paparnya. 

Istilah specialty coffee merujuk pada kopi yang memiliki cupping test score di atas 80 poin. Penilaian ini berdasarkan aroma dan rasa yang khas dan istimewa di atas kopi rata-rata pada umumnya. Berdasarkan data Kemenperin, Indonesia juga memiliki berbagai jenis kopi specialty yang dikenal di dunia, termasuk kopi luwak dengan rasa dan aroma khas sesuai indikasi geografis yang menjadi keunggulan Indonesia.

Hingga saat ini, sudah terdaftar 22 Indikasi Geografis (IG) untuk kopi Indonesia, di antaranya Kopi Arabika Gayo, Kopi Arabika Toraja, Kopi Robusta Puputan Bali, Kopi Arabika Sumatera Kerintji, Kopi Liberika Tungkal Jambi, dan Kopi Liberika Rangsang Meranti.

Dalam pameran Festival Kopi di Nusa Dua juga ditampilkan sejumlah specialty coffee antara lain Kopi Kintamani Bali dan Kopi Tanamera. Dari Kabupaten Temanggung – Jateng, sudah terdaftar dua IG yakni Kopi Arabika Jawa Sindoro-Sumbing dan Kopi Robusta Temanggung.

Untuk mendirikan coffee shop kekinian, lengkap dengan meja dan kursi, serta sekitar 4 jenis mesin untuk membuat kopi diperlukan investasi awal Rp 100 – 150 juta.

Di bidang usaha coffee shop, daya listrik setiap jenis mesin berbeda-beda, bervariasi antara 1.200 watt sampai 1.300 watt, di luar daya boiler. Biasanya setiap venue memiliki minimal 4 jenis mesin, serta pendingin ruangan (AC) sehingga untuk menyediakan daya listrik beserta spare daya tersedia, mereka perlu menyediakan sekitar 10.000 watt.

Suweca menambahkan, sejak setahun terakhir perkembangan coffee shop di Bali bertumbuh pesat, sehingga hampir setiap bulan muncul satu kafe baru. Kegemaran minum kopi juga ditunjang oleh meningkatnya pendapatan kelas menengah, sehingga membeli segelas atau secangkir kopi harga Rp30 – 50 ribu, tidak terasa berat.  

Pendidikan – Pelatihan dan Sertifikasi Barista

Direktur Industri Kecil Menengah (IKM) Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Sri Yunianti, dalam kesempatan sama mengemukakan, pada Festival Kopi ini Kemenperin bekerjasama dengan lembaga akademi di Tangerang, Prodigy, mengadakan program bimbingan teknis (bimtek) selama 3 hari penyelenggaraan, mulai 16 -18 Agustus.

Program yang diikuti oleh 40 orang peserta ini, terbagi dalam 2 batch, yakni sesi pagi dan sore. “Kami ingin meningkatkan kompetensi SDM yang bergerak dalam industri kopi, khususnya para barista, sehingga mereka yang kebanyakan pesertanya adalah kaum muda – para milenial ini setelah selesai mengikuti bimtek, langsung dihadapkan pada arena job fair – bagian dari penyelenggaraan event ini.” 

Mereka yang dalam pelatihan ini diharapkan dapat memilih, apakah akan menjadi barista di sejumlah coffee shop di Bali, atau mereka dapat meningkatkan keahlian dan pengetahuannya menjadi wirausaha dengan membuka coffee shop sendiri. Karena setelah pelatihan, mereka akan langsung memiliki sertifikat barista. Mereka juga akan langsung berkompetisi, usai tiga hari pelaksanaan pelatihan dan bimtek. 

Selain bertujuan meningkatkan hilirisasi kopi yang dapat ditingkatkan nilai tambahnya di dalam negeri, kami juga bertekad meningkatkan penerimaan pendapatan Bali di sektor pariwisata. Di luar materi kewirausahaan dan pengetahuan tentang kopi, materi lainnya dalam bimtek yang tidak dipungut biayanya ini, adalah membuat cafe latte.  

Program ini biasanya diadakan berdasarkan permintaan dari Dinas Industri dan Perdagangan setempat, terutama di daerah yang menjadi sentra penghasil kopi, yakni jenis specialty coffee dengan IG-nya. Misalnya di Jambi, Jember, dan juga Tanggamus – Lampung. Rencananya Kemenperin menyelenggarakan bimtek serupa di lebih dari 10 kota di Indonesia. (Nonie Mariani S.)

BINUS University Naik 20 Peringkat se-Asia dalam Pemeringkatan QS World University Rankings Asia

Jakarta, 6 November 2024 - BINUS UNIVERSITY, sebagai Perguruan Tinggi Indonesia berkelas dunia mengucapkan...

Mengapa Startup Perlu Mendirikan PT di Awal Perjalanan Bisnis?

Di era ekonomi digital yang terus berkembang, semakin banyak startup muncul dengan ide-ide inovatif...

Fera Maishara dan Jeffry Samuhara : Dari Padang Panjang ke Jakarta, Perjalanan Mahasiswa ISI Menembus Dunia Digital Marketing

Fera Maishara dan Jeffry Samuhara , mahasiswa Institut Seni Indonesia Padang Panjang membagikan pengalaman...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here