Kebohongan tentang Perang

Kampanye lewat iklan, skema-skema pemasaran. Targetnya opini publik. Perang dijual dengan cara sama seperti menjual mobil, dengan berbohong.

Pada Agustus 1964, Presiden Lyndon Johnson menuduh Vietnam menyerang dua kapal perang AS di Teluk Tonkin.

Presiden itu pun menduduki Vietnam, mengirimkan pesawat terbang dan pasukan. Ia didukung dengan gempita oleh jurnalis dan politisi, dan popularitasnya melambung setinggi langit. Partai Demokrat yang sedang berkuasa dan partai Republik yang tidak sedang berkuasa bersatu melawan agresi Komunis.

Setelah perang membantai orang Vietnam dalam jumlah sangat besar, kebanyakan perempuan dan anak-anak, menteri pertahanan presiden Johnson, Robert McNamara, mengakui serangan di Teluk Tonkin tidak pernah terjadi.

Mereka yang terbunuh tak hidup kembali.

Pada Maret 2003, Presiden George W. Bush menuduh Iraq sedang di ambang menghancurkan dunia dengan senjata pemusnah massal, “senjata paling mematikan yang pernah ada.”

Presiden itu pun menduduki Iraq, mengirimkan pesawat terbang dan pasukan. Ia didukung dengan gempita oleh jurnalis dan politisi, dan popularitasnya melambung setinggi langit. partai Republik yang sedang berkuasa dan Demokrat yang tidak sedang berkuasa bersatu melawan agresi teroris.

Setelah perang membantai penduduk Iraq dalam jumlah sangat besar, kebanyakan perempuan dan anak-anak, Bush mengakui senjata pemusnah massal itu tidak pernah ada. “senjata paling mematikan yang pernah ada” hanya karangan pidato dia.

Pada pemilihan presiden berikutnya, ia menang untuk kedua kali.

Waktu saya kecil, ibu saya sering mengatakan kebohongan tak punya kaki. Ia salah informasi.

Eduardo Galeano

“Mirrors”

Penerjemah: Wardah Hafidz

Panduan Langkah Demi Langkah untuk Memulai Bisnis di Bali bagi Ekspatriat

Bali, dengan budayanya yang kaya dan ekonominya yang berkembang, telah menjadi tujuan utama bagi...

evomab Kenalkan Era Baru Smart Home Living di Showroom Homestory IDD PIK

Indonesia Design District (IDD) Pantai Indah Kapuk 2 (PIK2) resmi dibuka pada 18 September...

Scavenger Haunt: Event Kreatif Mahasiswa Public Relations BINUS @Malang Sambut Binusian 28

Mahasiswa jurusan Public Relations universitas BINUS @Malang baru-baru ini mengadakan event Pre-Welcoming Binusian 28 yang berkolaborasi...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here