Menuju World Class Coffee
Karakter body, acidity (keasaman) dan ada rasa manis inilah yang menarik minat Nespresso – produsen kopi kapsul kelas dunia – untuk membeli green bean dari KTKBC.
”Alhamdulillah, doa itu perlahan menemukan jawaban,” ucap Cepi Husada, Founder Resep. Musim panen 2021 ini, KTKBC beroleh kontrak kuota pembelian biji kopi dari Nespresso melalui Olam Indonesia.
Biji kopi yang dipanen para petani KTKBC di Jawa Barat sub cluster Ciwidey ini akan diolah Olam Indonesia menjadi green bean. Biji kopi ini lalu diterbangkan ke Swiss untuk di-roasting oleh Nespresso. Hasil akhir yang dipasarkan perusahaan ini dari kopi Ciwidey adalah kapsul kopi.
Luar biasa. Dan rasa syukur ini terlihat dari raut wajah para petani. ”Seperti dapat durian runtuh, dapat hibah dari PLN dan belakangan kontrak dari Olam untuk Nespresso,” ucap salah satu petani anggota KTKBC berseri-seri.
Ini adalah sepotong kisah awal kolaborasi Kelompok Tani Kopi Bukit Cimanong dengan Resep — A Coffee Story. Hyperlocal platform berbasis web ini dikembangkan untuk menjawab kegelisahan para petani Ciwidey dan petani kopi Indonesia pada umumnya, sehingga akan menjadi hub bagi kelompok tani kopi untuk berkolaborasi dan mendapatkan informasi perkembangan teknologi, pasar, pendampingan UMKM/bisnis lokal untuk go digital.
Sebuah rintisan juga untuk menjawab berbagai tantangan tani kopi di masa depan. Membantu kelompok tani kopi dan Pemerintah dalam hal branding komoditas kopi yang jadi andalan daerah. Pun membuka peluang-peluang investasi di masa yang akan datang.
Hyperlocal platform inilah yang menjadi hub, agregator, penghubung, Lab QC, training center, pembuka peluang pasar antara kelompok tani dan buyer dalam maupun luar negeri, agar surplus kopi nasional dapat terserap pasar dengan harga pantas. Ya, bermula dari kegelisahan dan berujung pada solusi bisnis, kolaborasi modern di era digital.
Setidaknya sampai saat ini belum ada satu model bisnis digital berupa hyperlocal platform yang signifikan di area Ciwidey Kabupaten Bandung. Platform dan aset digital milik Resep nantinya tidakhanya sekadar tempat mengiklankan (endorsement), tetapi juga melakukan pendekatan storytelling dengan menceritakan value dari bisnis/UMKM serta social impact, ekonomi, dan kebudayaan untuk daerah Ciwidey pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
KTKBC adalah salah satu kelompok tani yang mulai bertumbuh, dan diyakini, ke depan akan lahir banyak kelompok tani kopi yang go international dari hub Resep – A Cofee Story.