- LINE OpenChat merayakan ulang tahun ke-2 dengan komitmen untuk mendukung pertumbuhan komunitas di Indonesia
- Sejak perubahan dari LINE Square ke LINE OpenChat dua tahun lalu, LINE OpenChat telah menjaring 7,5 juta pengguna baru dan 600 ribu OpenChat baru
- Saat ini, komunitas yang dibentuk di OpenChat mencapai 15 ribu komunitas setiap bulannya
Pada 1 Agustus lalu, LINE OpenChat, layanan dari LINE Corporation, yang menjadi tempat bagi para pengguna untuk berinteraksi secara daring dengan teman yang memiliki minat atau ketertarikan yang sama, merayakan ulang tahun yang kedua.
Selain berkomitmen untuk mendukung dan mengembangkan pertumbuhan komunitas di Indonesia, LINE OpenChat juga mengumumkan 7,5 juta pengguna baru dan 600.000 OpenChat baru sejak pembaruan dua tahun lalu.
Dukungan untuk perkembangan komunitas di Indonesia, LINE OpenChat menyelenggarakan program melalui pemilihan 149 OpenChat menjadi Super OpenChat. Super OpenChat merupakan komunitas berkualitas terpilih di dalam OpenChat yang akan mendapatkan sejumlah insentif langsung yang dapat menunjang kebutuhan berbagai anggota. Insentif tersebut berupa penggunaan logo Super, gathering khusus, komunikasi langsung dengan tim LINE OpenChat, promosi grup OpenChat di saluran komunikasi LINE, dan lain sebagainya.
Sebagai tambahan, Super OpenChat akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba sejumlah fitur LINE OpenChat baru sebelum dirilis ke publik.
“Selama dua tahun kehadiran LINE OpenChat di Indonesia, kami terus berupaya untuk memberikan dukungan yang maksimal bagi pertumbuhan komunitas yang menjadi salah satu elemen penting industri kreatif di Indonesia,” tutur Trisnia Anchali, Chief Commercial Officer, LINE Indonesia.
“Kami menyelenggarakan sejumlah program yang dapat membantu berbagai kelompok di LINE OpenChat dengan minat serupa agar bisa memberikan kontribusi yang lebih positif bagi perkembangan OpenChat bersangkutan serta para anggotanya.”
Selain itu, LINE OpenChat juga selenggarakan gathering daring. Gathering ini dihadiri oleh 100 orang dengan mengundang sejumlah admin dan co-admin dari Super. Selain untuk mendekatkan jarak di masa pandemi ini, berbagai kegiatan diadakan dalam gathering tersebut sebagai pembekalan untuk meningkatkan soft skill mereka dalam berkomunikasi sebagai orang di balik layar LINE OpenChat.
“Aku adalah tipe orang yang sulit menemukan teman yang cocok. Tetapi sejak bergabung ke dalam OpenChat, aku menemukan banyak teman yang sekarang sudah seperti keluarga, hingga bertemu orang-orang yang sangat spesial di hidupku. Aku masih nggak nyangka kalau LINE OpenChat bisa mengubah hidupku sebesar ini,” ujar Chengluc dari OpenChat Kocheng UI.
“Fitur LINE OpenChat yang membawa banyak manfaat, mulai dari menambah ilmu, relasi, pengalaman, bahkan mengubah hidup seseorang menjadi lebih baik.”
Sebelumnya LINE OpenChat dikenal dengan nama LINE Square yang hadir di Indonesia pada 2017, dan hingga Desember 2020 telah memiliki 18 juta anggota di Indonesia.
Layanan bebas biaya ini berbasis komunitas yang memberikan wadah kepada masyarakat Indonesia, khususnya generasi Z untuk dapat berkumpul secara daring sesuai dengan minat dan hobi yang digemari secara anonim.
LINE OpenChat dapat menampung hingga 5000 anggota di dalam satu ruang percakapan di OpenChat dan setiap OpenChat dapat membuat ruang percakapan yang tak terbatas.
Hingga saat ini, terdapat setidaknya 600.000 OpenChat yang diciptakan sejak pembaruan dari LINE Square ke LINE OpenChat dua tahun lalu dengan total 7,5 juta pengguna baru sejak pembaruan. Sementara itu, komunitas yang dibentuk setiap bulannya di dalam OpenChat mencapai 15.000 lebih komunitas.
LINE akan terus berupaya untuk menciptakan berbagai layanan dan konten komunikasi yang dapat mendekatkan jarak antar pengguna. Salah satunya melalui LINE OpenChat yang dapat menjadi ruang kreatif bagi para pengguna dengan minat serupa secara anonim dan aman untuk bertemu dengan teman baru serta mengembangkan bakat dan minat mereka.