Luvenamuslim Sukses Melangkah Hingga Mancanegara

Berbagai Model Hijab Apik Buatan Indonesia yang Berhasil Tembus Ekspor ke Singapura dan Malaysia

Berbekal dari memiliki orang tua yang sudah lama menekuni usaha di bidang fashion muslim, Yeni Inayah, seorang wanita asal Bandung, menggunakan pengetahuannya dalam mendesain hijab untuk memulai dan mencoba peruntungannya dalam menjalani usaha di bidang yang sama.

Bisnis fashion muslim milik Yeni Inayah, atau yang kerap dikenal dengan nama Luvenamuslim, dimulai hanya dengan pembuatan dua model hijab yang diunggah dan dijual di kanal e-commerce Shopee.

Awal perjalanan bisnis yang disambut dengan minimnya minat pembeli tak meluruhkan mental baja yang Yeni Inayah miliki. Segala usaha seperti rajin mengiklankan produk terus dilakukan oleh Yeni Inayah hingga muncul sebuah ide untuk memberikan bonus produk eksklusif yang tidak ada di etalase pada setiap pembelian yang akhirnya berhasil mendatangkan banyak pelanggan setia Luvenamuslim hingga saat ini. 

Selama empat tahun, banyak sekali lika-liku yang dihadapi oleh Yeni Inayah. Salah satunya ketika ia dihadapkan dengan kondisi kekurangan modal untuk membeli kain sedangkan pesanan membludak, yang membuatnya harus membatasi orang untuk berbelanja di Luvenamuslim.

Namun, bisnis Luvenamuslim berhasil terselamatkan, dengan adanya pabrik kain yang bersedia untuk membantu Luvenamuslim memproduksi terlebih dahulu lalu menyetor hasil penjualannya setiap minggu. Pencarian penjahit yang pas di hati serta keterbatasan tempat untuk proses packing juga sempat menguras tenaga dan pikiran Yeni Inayah.

Tak hanya itu, situasi pandemi dengan segala keterbatasannya juga telah memaksa para pelaku bisnis UMKM lokal untuk dapat beradaptasi secara cepat dalam menjawab permintaan pasar. 

Dengan kegigihan dan keteguhan, Yeni Inayah telah berkomitmen untuk mengalahkan segala rintangan yang ada di depan mata. Ia selalu mengutamakan kualitas produk, pelayanan toko serta customer service yang paling baik agar pelanggan tidak berpaling ke lain hati. Mengikuti arus perkembangan tren juga menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis Luvenamuslim.

Hal ini Yeni Inayah lakukan ketika jenis hijab Niqab banyak dicari oleh masyarakat pengguna hijab karena adanya kewajiban untuk bermasker di tengah kondisi pandemi. Dengan dukungan tangan para penjahitnya yang terampil, Luvenamuslim berhasil menjawab kebutuhan para pelanggan setianya ini dengan cepat, terbukti dengan adanya jumlah pesanan yang meningkat hingga 200% dalam sehari pada awal masa pandemi.

Yeni Inayah, Pemilik Luvenamuslim menyampaikan, “Untuk membawa Luvenamuslim sampai ke titik ini bukanlah suatu perjalanan yang mudah. Sebagai seorang wanita berbisnis, diperlukan mental yang kuat untuk tetap bertahan dan sebuah kepercayaan bahwa untuk bisa mencapai sebuah kesuksesan bukan hal yang mustahil. Selain produk kami yang kini dikenal banyak orang, saya juga sangat bangga ketika menyadari kehadiran Luvenamuslim ini membantu memberikan lapangan pekerjaan bagi orang sekitar. Dari awalnya hanya dibantu oleh suami, sekarang Luvenamuslim sudah memiliki 11 orang pegawai penjaga toko, 30 orang penjahit dan 4 orang desainer.”

“Tak sedikit orang di lingkungan saya yang ikut berpartisipasi membantu Luvenamuslim dalam proses pemotongan kain, menjahit hingga packing untuk dikirimkan ke pelanggan. Namun satu hal yang pasti, meski sudah sampai pada titik pencapaian ini, saya percaya bahwa sifat rendah hati lah yang akan menuntun Luvenamuslim ke arah yang lebih positif lagi kedepannya.” 

Seiring dengan berkembangnya zaman, Luvenamuslim ikut memasuki ranah digital dengan bergabung bersama Shopee untuk memperluas jangkauan produk. Banyak sekali perubahan yang telah dirasakan oleh Yeni Inayah sejak awal membuka toko Luvenamuslim secara online di Shopee, seperti peningkatan pesanan hingga 100% dibandingkan hari biasa pada setiap kampanye yang diadakan oleh Shopee.

Beruntung ketika situasi pandemi melanda, Yeni Inayah telah membulatkan tekadnya untuk memperkuat online presence Luvenamuslim di Shopee hingga berhasil mendapatkan sampai 3000 pesanan dalam satu hari, dengan produk favorit yaitu Hijab Bergo Jumbo Wollpeach, Khimar Jumbo Tali Wollpeach Premium dan Jilbab Maryam Bergo Diamond. 

Kesuksesan bisnis Luvenamuslim tak luput dari pembekalan ilmu, bimbingan dan dukungan penuh yang diberikan oleh tim Shopee. Lebih daripada itu, program dan inovasi yang dihadirkan oleh Shopee juga memiliki peranan penting dalam kesuksesan bisnis Luvenamuslim, seperti promo flash sale, fitur ShopeeLive serta program Joint Business Planning (JBP) yang telah memberikan toko Luvenamuslim eksposur yang lebih luas.

Tahun ini, Luvenamuslim juga turut berpartisipasi dalam kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day dan menghadirkan berbagai penawaran menarik seperti Hadiah Gratis Setiap Belanja 120RB, Voucher Diskon 50% tanpa minimal belanja, Diskon s/d 80%, serta Promo Produk Rp1000 pada puncak kampanye, yang selalu berhasil menggiring pelanggan untuk berbelanja di Luvenamuslim. 

Untuk lebih lanjut mengembangkan usahanya, pada tahun 2020 Yeni Inayah mengikutsertakan Luvenamuslim dalam Program Ekspor Shopee, yang telah membuat produk Luvenamuslim dari Bandung sampai ke tangan pembeli mancanegara di Singapura dan Malaysia.

Merupakan suatu hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya bagi Yeni Inayah untuk bisa mendapatkan puluhan pesanan per hari dari luar negeri, dengan ragam Jilbab Jumbo milik Luvenamuslim sebagai produk yang paling banyak diminati. Yeni Inayah optimis bahwa kesuksesan bisnis Luvenamuslim tidak akan berhenti sampai disini, ia memiliki harapan yang kuat produknya bisa terus dicintai bukan hanya oleh rakyat Indonesia, tetapi juga pembeli di mancanegara.

“Shopee bangga dapat melihat kemajuan yang luar biasa dari Luvenamuslim, baik dari segi penjualan yang terus meningkat, hingga antusiasme pelanggan terhadap berbagai produk yang ditawarkan. Kesuksesan Luvenamuslim ini patut diberikan apresiasi yang sebesar-besarnya dan harapannya dapat menjadi rekam jejak yang baik dan bisa diikuti lebih banyak UMKM lokal lainnya,” ungkap Daniel Minardi, Head of Brands Management & Digital Products Shopee Indonesia.

“Sejalan dengan komitmen kami untuk terus memajukan para pelaku UMKM, Shopee berupaya terus menjadi wadah bagi para pelaku UMKM lokal asal Indonesia untuk go digital sampai bisa menembus pasar Internasional, salah satunya melalui kampanye Shopee 9.9 Super Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini,” tambahnya.

Ur’Ball: Pentol Sayur Kekinian, Misi Tim Wirausaha Merdeka Mahasiswa UNESA untuk Hidup Sehat Tanpa Ribet

Surabaya, 19 November 2024 – Tim Wirausaha Merdeka (WMK) UNESA memperkenalkan Ur’Ball, inovasi bakso...

Diwali Mewah, Kedutaan Besar India Gelar Perayaan Megah!

Jakarta, 17 November 2024 – Hotel JW Marriott Jakarta menjadi saksi kemegahan perayaan Diwali yang...

Harga Emas Sentuh $2.600, The Fed Hambat Kenaikan Lebih Lanjut

Harga emas (XAU/USD) kembali menunjukkan pergerakan positif setelah berhasil menembus level $2.600 per ounce...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here