Manusia Modern dalam Penjara Baru Bernama Algoritma

Oleh Yogas Design

Untuk memahami pengertian algoritma coba perhatikan dan rasakan aktivitas digital Anda sehari-hari. Pernahkah merasakan betapa dimanjakan selera Anda dalam melihat konten video di Youtube? Atau, kala melihat iklan Google Ads di beberapa situs web, merasa berkaitan dengan minat Anda?

Perhatikan juga dengan cermat sewaktu menggunakan media sosial dan melihat banyak posting-an dari akun yang tidak diikuti, termasuk iklan yang secara materi sesuai dengan hal-hal yang Anda minati? Ya, algoritma melakukan ini untuk membuat Anda lebih intens dan dalam saat mengakses berbagai jenis konten di banyak platform.

Lalu apa sih, sebenarnya pengertian algoritma? Pada dasarnya algoritma merupakan serangkaian instruksi atau langkah-langkah yang dirancang dan direncanakan secara matang sehingga terurut dan terorganisir dengan baik untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai tujuan tertentu.

PEXELS

Algoritma bisa digunakan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, matematika, dan teknik, untuk menyelesaikan tugas-tugas yang rumit melalui metode yang sistematis dan efisien.

Berkenaan dengan pengertian algoritma, Donald Ervin Knuth, seorang ilmuwan komputer dan matematika Amerika, yang juga profesor emeritus di Universitas Stanford, menguraikan bahwa algortima memiliki beberapa karakteristik utama, yakni:

Keterurutan (Definiteness): Algoritma terdiri dari langkah-langkah yang jelas dan spesifik, sehingga tidak ada kebingungan tentang tindakan apa yang harus diambil pada setiap tahap.

Keberakhiran (Finiteness): Algoritma harus memiliki jumlah langkah yang terbatas dan pasti berakhir setelah langkah-langkah tersebut dilaksanakan.

Masukan (Input): Algoritma menerima sejumlah nilai awal sebagai input.

Keluaran (Output): Algoritma menghasilkan satu atau lebih nilai sebagai hasil akhir dari proses.

Keefektifan (Effectiveness): Setiap langkah dalam algoritma harus cukup sederhana sehingga dapat dilakukan dalam waktu yang terbatas dengan alat atau sumber daya yang tersedia.

High School Fest bersama Annisya Andrianti Bagikan Tips Bangun Self-branding di BINUS @Bekasi

Bekasi, 10 Oktober 2024 – Di era digital yang semakin berkembang pesat ini, personal branding...

5 Aplikasi E-Grocery Populer yang Mempermudah Hidup Mama!

Dulu, belanja kebutuhan rumah tangga sering kali menjadi tugas yang melelahkan bagi Mama, mulai...

Warner Bros. Discovery Segera Luncurkan Max di 7 Pasar Asia Tenggara, Taiwan, dan Hong Kong

Globalisasi Max berlanjut dengan peluncuran layanan streaming baru di kawasan iniRumah streaming bagi hits...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here