Home Business MarketBeat Real Estat Komersial K2 2024

MarketBeat Real Estat Komersial K2 2024

0
MarketBeat Real Estat Komersial K2 2024

Service charge rata-rata diperkirakan tidak akan mengalami penyesuaian signifikan pada kuartal-kuartal berikutnya, karena sebagian besar pemilik properti telah menaikkan service charge mereka selama semester pertama 2024. 

Ritel Jakarta 

Pasokan: Stabil Tanpa Proyek Baru Memasuki Pasar 

Tidak ada pasokan baru yang terpantau selama kuartal dua tahun 2024. Pasokan kumulatif tetap stabil di 4.719.500 m2 (0,3% YoY dan 0,0% QoQ). Pada saat yang sama, renovasi yang berfokus pada perbaikan interior dan penyesuaian komposisi penyewa untuk meningkatkan pengalaman berbelanja sedang dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan seperti Epicentrum Walk, Plaza Semanggi, dan Plaza Festival.

Lima pengembangan pusat perbelanjaan diharapkan selesai pada akhir tahun ini dan awal 2025: Lippo Mall East Side di Holland Village, Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine, Mall Menara Jakarta, Cornerstone – Antasari Place, dan Annajon di The Sima Retail yang akan membawa peningkatan pasokan kumulatif sebesar 2,53% dalam 12 bulan ke depan. 

Permintaan: Sedikit Penurunan Permintaan 

Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, permintaan mengalami sedikit penurunan (-0,2%), menyebabkan total permintaan kumulatif mencapai 3.727.800 m2, meskipun terjadi peningkatan 2,6% secara YoY. Akibatnya, terjadi juga sedikit penurunan dalam tingkat hunian rata-rata menjadi 79,0% (2,3% YoY dan -0,2% QoQ).

Beberapa pembukaan toko baru, terutama dari bidang F&B dan brand fashion, terlihat pada kuartal ulasan. Bacha Coffee telah membuka toko pertamanya di Indonesia di Plaza Senayan. Pembukaan toko baru lainnya di sektor F&B adalah FOGO dan Haidilao di Emporium Pluit Mall, serta Baia Nonna di Kota Kasablanka.

Sementara itu, merek fashion seperti Tommy Hilfiger, Calvin Klein, dan Forever New telah membuka toko baru mereka di Gandaria City, serta Sports Direct di Plaza Senayan dan New Balance di Emporium Pluit Mall. 

Merek internasional, khususnya yang berasal dari Korea Selatan, terus meningkatkan eksistensinya di Indonesia. Aland, merek fashion asal Korea Selatan, membuka toko di Central Park Mall pada kuartal ini. Pada kuartal-kuartal sebelumnya, ADLV dan MLB juga telah berkspansi bisnis mereka ke Indonesia dengan membuka toko pertama mereka di PIK Avenue dan Pondok Indah Mall.

Secara bersamaan, beberapa toko sedang menjalani renovasi interior, yang paling mencolok adalah Louis Vuitton di Plaza Indonesia, menampilkan tampilan baru untuk toko flagship nya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here