Marriot – Solar Chapter Membawa Solusi Air Berkelanjutan ke Desa Tasinifu, NTT 

Marriott International dan Solar Chapter dengan bangga mengumumkan keberhasilan proyek “Water for Tasinifu”, sebuah proyek yang mengubah hidup dengan menghadirkan akses air berkelanjutan ke Desa Tasinifu yang terpencil di Kecamatan Mutis, Nusa Tenggara Timur. 

Melanjutkan momentum dari proyek sukses tahun lalu di Desa Tafuli, “Water for Tasinifu” adalah upaya kedua bersama antara Marriott International dan Solar Chapter. Proyek ini, yang sejalan dengan Tujuan Keberlanjutan dan Pengembangan Marriott International 2025 serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB, mengatasi kebutuhan air yang kritis bagi 1.015 penduduk Desa Tasinifu dengan memasang sistem pompa bertenaga surya untuk mengangkut air dari sungai terdekat ke desa. 

Selama beberapa generasi, masyarakat Tasinifu telah lama berjuang dengan kurangnya akses terhadap air bersih, yang memaksa penduduk untuk menempuh perjalanan 3 hingga 4 jam setiap hari untuk mengumpulkan air.

Tantangan ini telah secara signifikan menghambat produktivitas pertanian, pendidikan, dan kualitas hidup secara keseluruhan di komunitas tersebut. Dengan selesainya proyek “Water for Tasinifu”, perubahan menuju peningkatan kesejahteraan warga Tasinifu semakin dekat. 

Sumber air untuk proyek ini adalah sungai yang mengalir sepanjang tahun, terletak 1,7 kilometer di bawah desa. Air dari sungai dikumpulkan di waduk bawah dan dipompa setinggi 176 meter ke waduk atas dengan menggunakan pompa submersible yang ditenagai oleh 19 panel surya.

Dari sana, dengan memanfaatkan gaya grativasi, air didistribusikan melalui pipa-pipa ke area pemukiman warga. Dengan kapasitas 52.000 liter, sistem ini dirancang untuk secara berkelanjutan mendukung kebutuhan air harian masyarakat. 

Grafik Harga Bitcoin Muncul Lagi di Google, Ini Penjelasannya!

Google baru saja mengembalikan grafik harga Bitcoin di hasil pencariannya setelah sebelumnya sempat menghilangkan...

Wajib Punya! Tas Olahraga Tahan Banting dan Serbaguna!

Olahraga kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi banyak orang. Mulai dari olahraga...

Flecto.id Luncurkan Aplikasi Mobile Terbaru, Hadirkan Pengalaman Jual-Beli Jam Tangan Mewah yang Lebih Mudah dan Cepat

Flecto.id, marketplace jam tangan mewah terbesar di Indonesia, terus berinovasi dengan meluncurkan aplikasi mobile...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here