Strategi Marketing SMS Blast: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Pemasaran melalui SMS adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk menjangkau lebih banyak customer. Perusahaan-perusahaan besar menggunakan metode ini untuk menjangkau lebih luas target audiens mereka, perusahaan provider simcard sudah pasti, instansi pemerintahan, bahkan banyak juga restoran yang menggunakan pemasaran SMS untuk memasarkan produknya.

Lalu apasih sebenarnya SMS Blast itu, dan apa saja manfaat menggunakan SMS Blast bagi bisnis? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian SMS Blast

SMS Blast adalah pengiriman pesan singkat melalui SMS, lalu dikirimkan kebanyak penerima dalam waktu yang bersamaan dengan nama perusahaan sebagai pengirimnya. Strategi ini biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan campaign ataupun promo yang sedang berlangsung pada perusahaan ataupun berupa penawaran tertentu.

Pesan yang dikirimkan juga bisa mengandung sebuah link yang bisa diklik yang biasanya mengarah kepada website ataupun sosial media perusahaan. Bisa juga berisi kode promo, pengumuman khusus, sampai rilis produk terbaru.

4 Manfaat Menggunakan SMS Blast

Bagi Bisnis Menggunakan pemasaran SMS dalam strategi marketing adalah langkah yang tepat untuk menjangkau customer yang lebih luas dan juga kesempatan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Berikut beberapa manfaat menggunakan SMS blast bagi bisnis:

Jangkauan Lebih Luas dan Cepat

SMS memungkinkan bisnis untuk menjangkau ribuan pelanggan dalam waktu singkat. Mengingat hampir semua orang memiliki ponsel, pesan yang masuk melauli SMS cenderung dibuka dan dibaca lebih cepat dibandingkan email atau metode komunikasi lainnya.

Biaya yang Lebih Hemat

Dibandingkan dengan iklan pada media cetak maupun media online, SMS blast jauh lebih hemat secara biaya. Iklan pada media cetak memerlukan biaya yang cukup mahal dan juga membutuhkan perencanaan yang matang.

Biaya per pesan biasanya rendah, dan dengan pengelolaan yang baik, tools ini bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat hemat biaya. Bisnis dapat mengirim pesan massal tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, membuatnya ideal untuk bisnis kecil hingga menengah. Selain lebih hemat secara biaya namun juga jauh lebih efektik untuk menjangkau audiens yang besar.

Efektivitas Campaign Marketing

SMS Blast efektif untuk mengirimkan promosi, penawaran khusus, atau diskon kepada pelanggan dengan cepat, ini bisa meningkatkan penjualan dalam waktu singkat.

Dengan database target audience yang dimiliki, memungkinkan bisnis mengirimkan campaign hanya kepada target audiens yang tepat. Misalnya, restoran bisa mengirimkan pesan tentang penawaran makan siang spesial kepada pelanggan pada jam-jam tertentu, atau toko ritel dapat mengirimkan diskon eksklusif kepada pelanggan setia.

Jokowi Masuk Nominasi Pemimpin Terkorup, ICW Kena Doxing dan Kami Tidak Takut!

Masuknya nama Joko Widodo dalam nominasi pemimpin dengan kategori “Kejahatan Terorganisasi dan Korupsi 2024”...

Motion Graphics untuk Mahasiswa dengan Autistic Spectrum Disorder

Binus University meluncurkan proyek inovatif Motion Graphics sebagai bagian dari komitmennya menciptakan lingkungan belajar...

Fokus, Kekuatan Super pada Era Disrupsi

Oleh Eileen Rachman dan Emilia JakobBayangkan hidup sehari tanpa ponsel. Sanggupkah? Bagi kita saat...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here