Di zaman milenial ini perkembangan teknologi menjadi penyebab salah satu terbentuknya era digital yang membawa perubahan. Pada era ini, teknologi digital sudah menjadi bagian dalam melaksanakan rutinitas sehari-hari, mulai dari cara berkomunikasi, berinteraksi melalui media sosial, transaksi pembayaran hingga belanja kebutuhan sehari-hari.
Pengguna internet di Indonesia pada 2021 meningkat, We Are Social mencatat bahwa pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Dapat dikatakan bahwa pengguna media sosial di indonesia mencapai 61.8% dari total populasi Indonesia.
Guna mendukung terwujudnya Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan program Literasi Digital dengan diadakan webinar yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang teknologi digital serta meningkatkan kecakapan digital masyarakat Indonesia untuk menciptakan ruang digital yang aman, berbudaya, beretika dan produktif.
Ada empat pilar yang disajikan dalam kegiatan webinar literasi digital yang berlangsung mulai 24 Juni 2022 hingga enam bulan ke depan. Aman bermedia digital, cakap bermedia digital, budaya bermedia digital, juga etis bermedia digital.
Perkembangan dunia digital juga mempengaruhi dunia public relations (PR), tugas utama PR konvensional dan PR digital tidak jauh berbeda karena yakni proses menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dalam event yang dibawakannya.
Hal utama yang membedakan PR Konvensional dulu dengan dunia digital saat ini hanyalah medianya saja. PR digital memiliki tugas menjaga citra positif dari event atau brand yang dibawakannya lewat media internet dan platform media sosial.
PR digital saat ini menjadi ujung tombak dalam promosi dimana mereka harus memiliki strategi dalam membangun brand perusahaannya. Menjadi PR digital cukup mudah jika kita paham akan fitur dan tools yang ada di platform media digital.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program literasi digital untuk meningkatkan kecakapan digital masyarakat. Webinar kali ini dengan tema “Peluang Public Relations dalam Dunia Kerja di Era Digital akan dilaksanakan Jumat, 07 Oktober 2022 pukul 19.00 – 21.00 WIB bersama narasumber dari berbagai latar belakang.