Penelitian Terbaru Mengenai Wisatawan Premium di Asia Pasifik

Minat Wisata Kuliner

Sebanyak 88% responden memilih destinasi liburan berdasarkan pengalaman kuliner mereka ataupun untuk mencari makanan baru. Mereka sangat mengikuti tren bersantap, dengan hampir separuh responden (49%) menganggap pengalaman kuliner mewah sebagai acara malam yang ideal.

Selain itu, 83% responden memilih destinasi untuk mengunjungi restoran pemenang penghargaan, dan 35% setuju bahwa mereka akan menghabiskan lebih banyak uang untuk pengalaman kuliner yang unik. Ketika memilih hotel, 81% wisatawan berstatus HNW mempertimbangkan pilihan kuliner yang mewah, dan 83% memilih destinasi agar dapat mengunjungi restoran ternama.

Karakter Wisatawan Premium Baru

Dengan pendapatan yang lebih besar dan semakin banyaknya wisatawan yang telah berpengalaman, penelitian ini telah mengidentifikasi tiga kategori wisatawan baru. Berikut di antaranya:

1) The ‘Venture Travelist’

Wisatawan Bleisure generasi berikutnya, Venture Travelist, memprioritaskan destinasi liburan yang bisa menghasilkan peluang bisnis. Meski menikmati liburan bersama keluarga dan orang- orang terkasih, mereka selalu mencari peluang untuk mendapatkan kesepakatan.

Dengan semangat wirausaha, mereka menjelajahi lokasi, berbelanja produk lokal dan barang antik, serta mencari koneksi bisnis dengan anggota komunitas lokal.

2) The ‘Experience Connoisseur’

Sebagian besar merupakan generasi milenial, persona ini merencanakan perjalanan liburan sebagai upaya untuk memperkaya kepribadian mereka. Mereka melakukan perjalanan ekstensif dan melihat pengalaman tersebut sebagai investasi dalam kesejahteraan mental maupun fisik.

Mereka ingin menjelajahi destinasi secara mendalam, menghargai personalisasi, dan secara aktif mencari pengalaman eksklusif yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

3) The ‘Timeless Adventurer’

Membantah stereotip tentang ‘pelancong berumur’, persona ini merupakan penjelajah yang giat dan ingin membenamkan diri di sebuah destinasi. Mereka tidak terlalu tertarik dengan tempat wisata yang mainstream dan lebih tertarik pada apa yang membuat destinasi terasa seperti di rumah, sehingga membuatnya unik dan berkesan.

Webinar “MAXY Talk” Ajak Mahasiswa Bangun Relasi Interpersonal

Buku legendaris "How to Win Friends and Influence People" karya Dale Carnegie kembali jadi...

Port Academy Cetak Tenaga Kerja Profesional di Sektor Bongkar Muat

Port Academy, sebagai lembaga pelatihan terkemuka di Indonesia, telah berhasil mencetak ratusan tenaga kerja...

Perkuat Kerja Sama Maritim: Kunjungan INS Mysore ke Indonesia

Dalam rangka mempererat persahabatan dan kerja sama maritim, Laksamana Dinesh K. Tripathi, Kepala Staf...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here