Pertajam ​Skill​, Maksimalkan Hasil

ShopeePay Bagikan Kiat Cerdas Skill Fotografi Agar Pemilik Usaha Makin Cuan di Tengah Pandemi 

ShopeePay​, penyedia layanan pembayaran digital yang mudah, aman, dan memuaskan, kembali menghadirkan ShopeePay Talk sebagai wadah untuk berbagi insight b​isnis. Dengan tema “Pertajam ​Skill​, Maksimalkan Hasil”, ShopeePay ingin mengulik berbagai keahlian yang dibutuhkan penggiat usaha agar bisnisnya dapat terus tumbuh dan menguntungkan, terlebih di tengah pandemi.

Hadir sebagai pembicara, ​Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO) Bedi Zubaedi, CEO & Founder NoMi-NoMi Delight Rifqi Mohammad AS​, dan ​Food Blogger @Foodirectory Windy Iwandi.

Eka Nilam Dari, Head of Strategic Merchant Acquisition ShopeePay ​mengatakan, “ShopeePay senantiasa berkomitmen untuk membantu dan berkembang bersama para mitra usaha. Melalui episode ShopeePay Talk kali ini, kami ingin lebih dalam mengupas berbagai keterampilan yang dapat dimanfaatkan penggiat usaha untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka secara digital.”

Selain itu, upaya ini menjadi langkah lanjutan kami untuk mendorong konsumsi dalam negeri dan juga berpartisipasi dalam pemulihan ekonomi nasional, dengan UMKM sebagai tuas ekonomi.

Seiring dengan meningkatnya relevansi berbagai layanan daring di tengah pandemi, Badan Pusat Statistik juga mencatat ​penjualan ​online tertinggi dipegang sektor makanan dan minuman yang melonjak tajam hingga 1.070%.

Menjadi alasan kuat penggiat usaha kuliner harus terus beradaptasi dengan teknologi dan melakukan inovasi penjualan seperti menjual produk dalam bentuk frozen food sebagai solusi bagi masyarakat yang memilih makan di rumah.

Selain itu, untuk dapat memasarkan produk ​frozen food secara menarik, penggiat usaha pun harus secara kreatif menampilkan foto produk yang menarik minat pembeli.

Bedi Zubaedi, Presiden Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (APKULINDO) mengatakan, “Setelah melewati masa sulit selama awal pandemi, kini kami melihat bisnis makan dan minuman (F&B) mulai menunjukkan tren peningkatan. Semua orang memilih untuk di rumah saja dan terbentuklah kebiasaan baru.”

“Bagi pemilik usaha yang sebelumnya cukup berjualan secara ​offline​, kini harus berinovasi untuk menjangkau masyarakat yang masih membatasi aktivitas fisik. Menjual makanan dalam bentuk ​frozen​ adalah salah satu inovasi yang cerdas untuk menjangkau mereka.”

“Untuk menjawab tantangan yang ada saat ini dimana berbagai transaksi lebih banyak dilakukan secara ​online​, NoMi-NoMi Delights berinovasi dengan menghadirkan varian ramen halal dalam bentuk ​frozen a​ gar tetap dapat menjangkau dan melayani para pelanggan kami di rumah. Dengan inovasi ini, kami mendapat keuntungan ganda dan optimis dapat terus bertahan kedepannya,” ujar Rifqi Mohammad AS, CEO & Founder NoMi-NoMi Delight.

Melalui sesi ​mini workshop dengan Windy Iwandi, Food Blogger @foodirectory, terdapat lima tips fotografi untuk dapat menghasilkan foto produk yang menarik:

1. Bersahabat dengan jendela

Kunci utama fotografi adalah cahaya yang cukup. Sebisa mungkin dapatkan cahaya alamidari sinar matahari. Namun, memanfaatkan cahaya dari lampu juga tetap bisa membantu.

2. Pilih background yang netral untuk menciptakan kesan clean

Persiapkan latar foto dengan warna netral atau satu warna seperti putih, cokelat atau dengan motif kayu agar foto lebih fokus pada penataan produk makanan di atas meja. Cukup gunakan peralatan yang ada di rumah ya, seperti kain serbet, peralatan makan atau bahkan nampan kayu yang ada di dapur.

3. Manfaatkan kamera handphone

Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki kamera canggih seperti DSLR karena ​smartphone yang ada kini sudah sangat canggih. Pelajari mode dan fitur yang terdapat dalam smartphone masing-masing. Tonton tutorial dan tips yang disediakan di ​platform online.

4. CLOSE UP!

Kita perlu memperlihatkan detail dari makanan agar pesan yang ingin disampaikan dari makanan tersebut tersampaikan dengan baik. Karena dari itu, pengambilan gambar dengan metode ​Close Up menjadi salah satu yang paling sering dan mudah untuk dilakukan. Usahakan untuk tidak ​blur​ ketika mengambil gambar dengan metode ini.

5. Mainkan Warna Makanan

Pastinya sebuah foto akan lebih menarik setelah diberikan sentuhan ​editing. Tidak perlu editing terlalu keras, cukup buat warna makanan lebih hidup dan tetap natural. Kita bisa menggunakan beberapa aplikasi editing seperti ​VSCO, Light Room, Snap Seed,​ dan lainnya.

“Fotografi adalah salah satu ​skill yang sangat penting bagi semua lini bisnis, di mana cerita dituangkan menjadi sebuah foto penuh makna. Bagi bisnis kuliner ​online​, foto produk makanan yang menggugah selera sangatlah krusial untuk menarik minat konsumen untuk membelinya,” tutup ​Windy Iwandi, Food Blogger @foodirectory.

Kehadiran ShopeePay Talk diharapkan dapat memberikan manfaat dan masukan positif bagi penggiat usaha. ShopeePay Talk akan terus dihadirkan setiap bulannya dengan berbagai tema menarik untuk memberikan inspirasi bagi para pelaku usaha di masa-masa sulit ini. Nantikan ShopeePay Talk episode berikutnya dengan tema dan narasumber menarik lainnya.

Unduh aplikasi Shopee secara gratis melalui App Store atau Google Play dan segera aktifkan ShopeePay.

Umana Bali, LXR Rayakan Ulang Tahun Pertama dengan Perayaan Spesial Selama 3 Hari

Umana Bali, properti dari LXR Hotels & Resorts, baru saja merayakan ulang tahun pertamanya...

89% Generasi Milenial dan Gen Z Optimis pada Masa Depan

Meskipun Keduanya Mengkhawatirkan Pekerjaan, Pendidikan, dan KesehatanDi Indonesia, ketika berbicara terkait masa depan Generasi...

Kenalkan AI dalam Strategi Digital Marketing, MAXY Academy Gelar Webinar SEO dengan AI Gratis

Surabaya, 18 November 2024 – "SEO bukan hanya soal kata kunci, tetapi bagaimana kita...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here