Perusahaan Konsultasi Merek di Asia Tenggara, Vero Luncurkan Playbook “Greenwatching”

Panduan untuk Komunikator dalam Memerangi Greenwashing

Menjelang “Hari Lingkungan Hidup Sedunia”, perusahaan konsultasi brand di Asia Tenggara Vero meluncurkan sustainability playbook dirancang khusus untuk membekali para komunikator dengan panduan yang diperlukan dalam menavigasi kompleksitas komunikasi keberlanjutan serta menghindari jebakan greenwashing dan green hushing

Greenwashing adalah praktik pemasaran dan komunikasi yang menyesatkan atau menipu yang digunakan oleh perusahaan untuk menggambarkan diri mereka sebagai perusahaan ramah lingkungan atau berkelanjutan dimana sebenarnya tidak demikian.

Sementara itu, green hushing melibatkan langkah-langkah lebih jauh dengan secara aktif menekan atau menyembunyikan informasi tentang dampak lingkungan. Hal ini dapat melibatkan taktik seperti memanipulasi data, menekan penelitian ilmiah, atau meminimalkan signifikansi masalah lingkungan. Kedua masalah ini menjadi perhatian global yang signifikan dan membutuhkan solusi segera.

Pesatnya pertumbuhan ekonomi pada setiap negara, ditambah dengan kesadaran yang semakin meningkat terkait isu lingkungan di kalangan konsumen, menyebabkan meningkatnya jumlah perusahaan yang berupaya untuk memposisikan diri mereka sebagai perusahaan ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Hal ini dilakukan guna memanfaatkan permintaan akan produk dan praktik yang ramah lingkungan. Terlepas dari klaim tersebut, banyak perusahaan tidak memberikan bukti yang cukup untuk mendukung citra tersebut. 

Sisi baiknya adalah saat ini konsumen menjadi semakin selektif. Menurut Survei Konsumen terkait Keberlanjutan oleh Katadata Insight Center (KIC), yang melibatkan 3.631 konsumen, terungkap adanya peningkatan kesadaran tentang topik keberlanjutan di kalangan konsumen Indonesia.

Survei ini menyoroti bahwa 60,5% konsumen memberikan prioritas pada pembelian produk yang berkelanjutan atau ramah lingkungan untuk berkontribusi dalam pelestarian bumi. Selain itu, 51,1% memilih produk-produk ini berdasarkan kepuasan pribadi, sementara 41,3% melakukannya untuk meningkatkan citra positif mereka.

Kesadaran yang semakin meningkat ini dapat dikaitkan dengan kekhawatiran masyarakat di wilayah ini terhadap isu-isu lingkungan yang mendesak seperti polusi, deforestasi, dan perubahan iklim. 

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini, #StopPlasticPollution, sangat relevan mengingat kawasan Asia Tenggara disebut sebagai penyumbang sampah plastik terbesar di lautan dunia. Wilayah ini juga termasuk yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim. 

Gyukatsu Kyoto Katsugyu Hadir di AEON Mall Deltamas Cikarang

Setelah sukses dengan cabang perdana di Jakarta, Gyukatsu Kyoto Katsugyu kini membuka cabang keduanya di AEON...

WSBP Terima Penghargaan Best Corporate Secretary Awards 2024

WSBP kembali menunjukkan kinerja luar biasa dengan menerima penghargaan Indonesia Best Corporate Secretary Awards...

Ayana Residences Memperkenalkan Alamanda Tower 

Perpaduan Kemewahan dengan Gaya Hidup Berkelanjutan di BaliAyana Residences, residensial pertama di Bali yang terintegrasi...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here