Tema ini memiliki relevansi khusus bagi Indonesia, yang tercatat sebagai kontributor sampah plastik terbesar kelima terlepas dari fakta bahwa pemerintah Indonesia telah membuat perencanaan yang komprehensif pada 2017 dengan tujuan mengurangi limbah plastik di laut sebesar 70% sebelum tahun 2025.
Meskipun permintaan akan keberlanjutan terus meningkat, produk yang mendukung keberlanjutan masih mewakili sebagian kecil pasar Asia. Salah satu alasannya adalah banyak komunikator yang masih mengalami kesulitan dalam menyampaikan pesan brand secara efektif dan memandu brand serta konsumen melalui topik keberlanjutan.
Menyadari rintangan ini, Vero telah mengembangkan playbook “Greenwatching” yang menyediakan kerangka kerja, best practices, dan referensi dalam membantu komunikator dalam merancang rencana komunikasi dan transformasi keberlanjutan mereka.
Upaya ini sejalan dengan komitmen Vero dalam membantu merek untuk mencapai tujuan keberlanjutan dengan menyediakan panduan terkait komunikasi keberlanjutan.
Ini merupakan harapan dari agensi agar bisnis di Indonesia dapat memahami keberlanjutan dan mengimplementasikan upaya nyata yang mendukung rencana pemerintah Indonesia dalam menangani perubahan iklim dan mencapai Net Zero Emission sebelum 2060.
Vu Quan Nguyen, VP of Brand and Culture Vero dan salah satu penulis buku pedoman Greenwatching, menekankan pentingnya otentisitas dalam komunikasi keberlanjutan, “Perusahaan yang ingin berfokus pada berkelanjutan ditantang untuk memastikan pesan mereka sejalan dengan praktik mereka. Pesan yang otentik mampu menumbuhkan kepercayaan di antara para pemangku kepentingan, sebaliknya, penggunaan pesan yang tidak autentik dapat merusak reputasi perusahaan sehingga pada akhirnya dapat berdampak pada performa bisnis perusahaan.”
“Adapun dengan meningkatnya investasi ESG, diferensiasi dari pesaing dan mendapatkan kepercayaan pemangku kepentingan menjadi semakin sulit. Otentisitas kini menjadi hal terpenting dalam komunikasi keberlanjutan. Di samping itu, perusahaan juga mencari pandangan baru terkait komunikasi keberlanjutan guna menghindari jebakan greenwashing dan godaan.”
Playbook Green-watching Vero saat ini tersedia gratis di situs web perusahaan, vero-asean.com.
Playbook ini berfungsi sebagai acuan bagi para profesional PR dan komunikasi, menawarkan wawasan, strategi, dan langkah-langkah praktis untuk meningkatkan komunikasi berkelanjutan dan secara efektif menavigasi lanskap yang terus berkembang ini.