Pesatnya Pertumbuhan Konten Kreator, URALA Indonesia Ajak Masyarakat Waspadai Penipuan

URALA Indonesia, Digital PR Agency di Indonesia, berkomitmen untuk selalu menghadirkan lingkungan kerja yang baik, termasuk untuk para Gen Z.

Jakarta, 20 November 2024 – Memasuki era digitalisasi berdampak pada munculnya profesi konten kreator yang banyak diminati oleh para Gen Z. Berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengungkapkan bahwa hingga saat ini tercatat konten kreator memiliki pasar Rp 7 triliun dan diperkirakan akan terus meningkat lima kali lipat ditahun 2027[1]. Di sisi lain, industri digital agency periklanan di Indonesia juga semakin menjamur yang ditandai dengan banyaknya perusahaan tersebut bermunculan.

Rian M. Yusuf selaku Direktur URALA Indonesia menerangkan bahwa pertumbuhan konten kreator dan industri digital agency periklanan yang berjalan beriringan semakin membuka lebar peluang terhadap kemajuan industri kreatif.

“Tidak dipungkiri hadirnya para konten kreator dari barisan Gen Z serta kemunculan perusahaan digital agency periklanan semakin menyemarakkan industri kreatif. Selain itu, hal ini juga menumbuhkan semangat kompetisi serta menjadikan industri kreatif semakin berkembang, tidak hanya dari sektor korporasi, namun juga dari sektor UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang sudah banyak memanfaatkan layanan ini,” jelas Rian.

Sayangnya, pertumbuhan industri ini tidak selalu berjalan mulus. Banyaknya oknum yang tidak bertanggung jawab melihat celah besar untuk memanfaatkan layanan konten kreator dengan menggunakan nama perusahaan yang sudah berdiri lama. Oknum tersebut sering beraksi dengan cara memberikan lowongan pekerjaan online atau pun paruh waktu melalui pesan singkat WhatsApp atau telegram. Biasanya mereka juga akan menjanjikan imbalan atau keuntungan yang besar hanya untuk melakukan tugas-tugas sederhana yang bisa dilakukan melalui gawai.

Lebih jauh lagi, bukan hanya para calon pekerja atau konten kreator yang banyak menjadi korban. “Dari aksi penipuan ini, para pemilik perusahaan pun ikut terkena imbasnya karena sebagai contoh nama perusahaan URALA Indonesia dicatut oleh para penipu untuk digunakan dalam aksi mereka,” ungkap Rian lagi.

Rian juga menambahkan, “Penting untuk dipahami bahwa para perusahaan atau digital agency yang benar tidak akan membukan lowongan pekerjaan melalui pesan singkat, apalagi meminta deposit kepada para pencari kerja.”

Untuk dapat terhindar dari penipuan semacam ini, ada baiknya masyarakat untuk selalu melakukan cek dan ricek terkait perusahaan pemberi kerja melalui search engine, halaman website resmi, atau media sosial perusahaan. Langkah ini menjadi krusial sehingga para calon pekerja bisa menggali lebih dalam tentang kebenaran lowongan pekerjaan yang diberikan. Jangan mudah percaya apabila ada lowongan pekerjaan dengan iming-iming imbalan besar yang seringkali terdengar tidak masuk akal.

Sebagai perusahaan Digital Public Relations yang sedang bertumbuh, URALA Indonesia berkomitmen untuk selalu menghadirkan lingkungan kerja yang baik dan memberikan hasil yang berdampak positif kepada para mitranya. Sejak berdiri tahun 2023 lalu, URALA Indonesia telah berhasil menangani berbagai macam proyek dari berbagai industri, seperti transportasi, pertambangan, F&B, teknologi, dan masih banyak lagi. Untuk dapat terhubung dengan URALA Indonesia, kunjungi halaman resmi uralaverse.com, LinkedIn kami URALA International Indonesia dan Instagram @urala.id.

[1] https://www.kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-wamenparekraf-gen-z-berpeluang-besar-bantu-tingkatkan-dan-majukan-ekonomi-kreatif 

About URALA Indonesia

URALA Indonesia adalah sebuah perusahaan Digital Marketing dan PR Agency yang telah berkembang sejak tahun 2022 dan berbasis di Jakarta Pusat. URALA memiliki pengalaman berkelanjutan dalam melakukan strategi komunikasi, penanganan media, manajemen acara, dan solusi humas dengan menggabungkan kekuatan pemasaran digital untuk memaksimalkan hasil bagi seluruh siklus pertumbuhan produk dan layanan para kliennya.

URALA Indonesia merupakan afiliasi dari URALA International yang berpusat di Tokyo, Jepang, dan memiliki afiliasi lain di negara Asia Tenggara seperti di Vietnam, Filipina, dan Singapura. Dengan jaringan global mereka, URALA Indonesia dapat menyediakan layanan PR yang terintegrasi dan efektif di berbagai pasar internasional, memastikan bahwa klien mendapatkan dukungan komunikasi yang komprehensif dan berdaya saing di tingkat global.

Press Release ini juga sudah tayang di VRITIMES

Kembali Gelar WSBP Inspiring Kindness: Girls on Site, WSBP Ajak Siswi SMAN 1 Kalijati Berkontribusi di Dunia Manufaktur dan Konstruksi

WSBP mengajak 25 siswi SMA Negeri 1 Kalijati untuk untuk memahami pentingnya kesempatan berkarir...

Ur’Ball: Pentol Sayur Kekinian, Misi Tim Wirausaha Merdeka Mahasiswa UNESA untuk Hidup Sehat Tanpa Ribet

Surabaya, 19 November 2024 – Tim Wirausaha Merdeka (WMK) UNESA memperkenalkan Ur’Ball, inovasi bakso...

Diwali Mewah, Kedutaan Besar India Gelar Perayaan Megah!

Jakarta, 17 November 2024 – Hotel JW Marriott Jakarta menjadi saksi kemegahan perayaan Diwali yang...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here