REST.LESS.NEST: Life in a Megacity

Emte melukiskan Jakarta dalam pameran tunggalnya di Jerman.

Ilustrator Emte menggelar pameran bertajuk REST.LESS.NEST: Lifein a Megacity pada 18 Oktober di Kunstraum Traube, galeri di Mühltal-Traisa, Jerman.

REST.LESS.NEST: Life in a Megacity menampilkan lebih dari 50 gambar dan lukisan cat air yang mengilustrasikan kehidupan di Jakarta. Sebagai seniman yang lahir, tumbuh besar, dan bekerja di Jakarta, Emte menangkap beragam sudut pandang dan pengalaman dari sesama warga Jakarta yang menghabiskan banyak waktunya di jalanan dan terjebak di kemacetan.

Menurut sang seniman, “Jalanan ibarat rumah kedua buat warga Jakarta seperti kita. Setiap hari, kita berkendara ke stasiun terdekat, naik bus atau kereta, kemudian naik ojek – karena memang motorlah alat tercepat buat keliling kota. Rasanya, kita lebih banyak bekerja dan beristirahat di jalanan – bukan di kantor atau di rumah.”

Dikenal melalui kejenakaannya bermain warna, berbahasa visual dan mengulik ‘plesetan’ kata, Emte mengungkapkan niatnya untuk merayakan kekuatan masyarakat penghuni kota.

Ia menambahkan, “Saya sadar kalau kehidupan yang ‘tua di jalan’ seperti ini memang tidak ideal. Inilah alasan kenapa judul pamerannya bergulir seputar permainan kata ‘restlessness’ (kegelisahan) dan ‘nest’ (sarang/rumah). Tapi yang ingin saya soroti di sini adalah orang-orang biasa yang menemukan caranya untuk bertahan hidup. Merekalah jiwa Jakarta.”

REST.LESS.NEST: Life in a Megacity menandai pameran tunggal perdana Emte di Jerman. Menurut Volkmar Hoppe, Direktur dan Pemilik Galeri Kunstraum Traube, kolaborasi bersama Emte ini sejalan dengan misi galeri untuk memberikan wadah pertukaran internasional.

“Kami sangat bangga bisa menampilkan karya-karya Emte di galeri kami. Saya pikir ini kesempatan luar biasa untuk memperkenalkan audiens kami kepada seniman internasional – sekaligus konteks yang melatarbelakangi praktik mereka.”

Wajib Sertifikasi Halal: Jadi High Cost Economy & Birokrasi atau Jaminan Kelangsungan Agama?

Tanggal 17 Oktober 2024 jadi momok atau momentum? Bagi para pelaku bisnis, khususnya di...

Seoulfood Symphony: Cita Rasa Autentik Korea di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan

Asia Restaurant di The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan, bekerja sama dengan Chef JB Cho...

Jebakan Perfeksionisme

Oleh Eileen Rachman dan Emilia JakobPerfeksionisme sering dianggap sesuatu yang patut dibanggakan. Banyak perusahaan...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here