Program 2022 adalah pengalaman digital yang lengkap karena pandemi dan pembatasan perjalanan. Kompetisi pada saat Grand Final mencakup runway skala internasional di mana semua finalis memamerkan koleksi dari desainer Australia & Indonesia terkemuka.
Pendaftaran untuk peserta dari Indonesia akan dibuka sampai dengan 21 September 2022.
Tahun ini, ASOTY mengajak perempuan Indonesia untuk mengikuti kompetisi yang terbagi dalam 4 kategori utama:
Kategori Utama:
- Runway/Catwalk
- Redaksi/Fashion
- Komersial/Periklanan
- Sosial/Influencer
Sub-kategori:
- Aktivis (wajib dipilih)
- Curve (proporsi tubuh)
- Kebugaran
- Kebersahajaan
- Ukuran Tubuh Mungil
Pelamar wajib memilih salah satu kategori utama untuk dipertandingkan. Pelamar juga dapat memilih sub-kategori yang lebih mewakili mereka dan membantu mereka mengekspresikan diri, berbicara atas nama mereka, dan berjejaring dengan orang-orang yang berpikiran sama.
“Aktivis” adalah sub-kategori wajib yang didaftarkan pelamar untuk Program 2023 kecuali mereka memilih salah satu dari sub-kategori spesifik. ASOTY mencari model yang bersemangat tentang sesuatu hal positif yang mereka percaya, membela sesuatu dan berbicara untuk apa yang mereka yakini.
RUNWAY
Kategori Runway, juga dikenal sebagai catwalk, diperuntukkan bagi peserta yang suka berjalan di atas panggung peragaan busana yang menampilkan kreasi desainer kepada penonton. Namun, setiap finalis, terlepas dari kategorinya, akan dilatih untuk tampil di runway dan berjalan di peragaan busana internasional selama acara grand final ASOTY.
EDITORIAL
Kategori Editorial terbuka bagi mereka yang senang tampil di depan kamera. Mereka yang memilih untuk menjelajahi seni mode dan mengekspresikan diri melalui cerita yang diceritakan oleh fotografer dan perancang busana. Jenama, perancang mode, publikasi, dan pencipta selalu mencari wajah segar dan unik itu.
KOMERSIAL
Berpose dan mempromosikan produk dalam kampanye pemasaran. Pada dasarnya itulah yang dimaksud dengan modelling untuk komersial dan sifatnya lebih beragam.