Ternyata Ini Rahasia Sukses GO-JEK dalam Mengelola Endorsement
Siapa yang nggak kenal dengan istilah influencer atau KOL di era digital ini? Yup, Influencer atau KOL memang sedang menjadi tren di kalangan masyarakat saat ini.
Mereka memiliki peran penting dalam membujuk para pengikut mereka untuk membeli produk atau menggunakan jasa tertentu.
Namun, mencapai hasil optimal dalam sebuah endorsement tentu bukanlah hal yang mudah.
Diperlukan strategi yang matang agar endorsement dapat memberikan hasil yang diinginkan.
Nggak cukup hanya dengan memiliki influencer atau KOL yang populer, tapi juga memilih orang yang tepat untuk dapat mencapai tujuan perusahaan.
Peran KOL Handling dan Brand Ambassador dalam Endorsement
KOL Handling adalah proses pengelolaan relasi antara brand dengan influencer atau KOL, mulai dari pemilihan, negosiasi, pengukuran kinerja, hingga penyelesaian kontrak.
Sedangkan, Brand Ambassador adalah seseorang yang dipekerjakan oleh perusahaan untuk mewakili merek mereka dalam jangka waktu yang lama. Bisa dibilang, Brand Ambassador juga merupakan duta merek.
Kedua konsep ini punya strategi yang berbeda-beda, tergantung pada tujuan dan jenis bisnis yang dijalankan.
KOL Handling cenderung fokus pada campaign tertentu dan lebih fleksibel dalam hal waktu dan budget.
Sedangkan, Brand Ambassador biasanya dipilih untuk jangka waktu yang lebih lama dan berperan besar dalam memperkenalkan merek kepada konsumen.
Tips Mengelola Endorsement yang Efektif
Ini dia beberapa tips yang bisa membantu kamu mengelola endorsement agar bisa mendapatkan hasil yang optimal.
1. Pemilihan KOL atau brand ambassador yang tepat
Pastikan KOL atau brand ambassador memiliki nilai yang sejalan dan audiens yang cocok dengan target pasar merek kamu.
2. Pahami strategi bisnis dan tujuan kampanye endorsement
Hal ini akan membantu kamu menentukan jenis KOL atau brand ambassador yang dibutuhkan dan budget yang diperlukan.
3. Jalin hubungan baik dengan KOL atau brand ambassador
Selalu jaga komunikasi dan berikan kebebasan kreatif kepada KOL atau brand ambassador agar mereka dapat memberikan hasil yang terbaik.
4. Pantau dan ukur kinerja endorsement
Gunakan analytics tools untuk melihat performa kampanye endorsement, serta mendapatkan insight untuk perbaikan ke depan.
Sejauh Mana Pengaruh Endorsement Terhadap Kesuksesan Bisnis?
Baru-baru ini, aplikasi ojek online GO-JEK menjalin kemitraan dengan boyband terkenal asal Korea Selatan, BTS.
Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi pengguna GO-JEK di Indonesia, Singapura, dan Vietnam melalui berbagai promosi dan hadiah khusus dari Gojek x BTS yang tersedia di platform GO-JEK.
GO-JEK memilih untuk bekerja sama dengan BTS karena BTS mampu menyebarkan pesan positif melalui lagu-lagu mereka, yang sejalan dengan komitmen GO-JEK untuk menciptakan dampak positif bagi seluruh pengguna dan mitra mereka.
Kampanye ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat, terutama dari army yang merupakan penggemar dari BTS, hingga berdampak pada peningkatan penjualan yang signifikan untuk GO-JEK.
Manfaatkan Jasa Pengelolaan Endorsement
Selain untuk mendapatkan keuntungan maksimal, jasa pengelolaan endorsement juga bisa jadi pilihan paling cerdas bagi perusahaan yang kekurangan sumber daya,lho.
Nah, kalau kamu tertarik untuk pakai jasa pengelolaan endorsement, yuk pakai jasa dari Venus Live!
Kami siap membantumu mulai dari pemilihan KOL hingga pengukuran kinerja. Jadi, kamu tinggal duduk manis aja deh!
Klik tombol WhatsApp yang ada di laman ini dan hubungi kami sekarang juga untuk konsultasi lebih lanjut!
Baca Juga: https://venuslive.id/2023/04/27/tips-sukses-gojek-mengelola-endorsement/