“Bangga Berbatik” di Hari Batik Nasional

Perayaan ini akan menampilkan pameran menarik, bazar, program edukasi, serta kegiatan lari dan jalan sehat.

Yayasan Batik Indonesia (YBI) dengan bangga menghadirkan kembali perayaan “Bangga Berbatik” sebagai bagian dari peringatan Hari Batik Nasional. Tahun ini, acara tersebut akan berlangsung pada 2-6 Oktober 2024 di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sebagai acara tahunan yang konsisten diselenggarakan oleh YBI, perayaan ini bertujuan untuk merayakan warisan budaya batik. YBI sendiri didirikan pada 28 Oktober 1994 atas prakarsa Jultin Ginandjar Kartasasmita, Ir. Firdaus Ali, dan DR. Dipo Alam MEM.

Pada peringatan kali ini, YBI menetapkan batik Gedog Tuban sebagai ikon Hari Batik Nasional 2024. Batik asal Tuban, Jawa Timur ini dipilih karena merupakan salah satu warisan budaya yang langka dan berharga di Indonesia.

Batik Gedog Tuban dikenal karena memadukan unsur lokal dengan pengaruh budaya Tiongkok yang terlihat pada motif burung Phoenix. Akulturasi ini terjadi berkat peran Tuban sebagai pintu masuk para pendatang dari Tiongkok pada masa lalu.

Proses pembuatan batik pun cukup unik, yaitu masih menggunakan benang katun yang dipintal dari tanaman kapas yang tumbuh subur di Tuban. Selain itu, batik ini juga dibuat menggunakan alat tenun gedog yang masih sederhana dan dikerjakan oleh penduduk asli Tuban. Menariknya, di kota Tuban usaha pembuatan batik sudah menjadi tradisi di antara para perempuan dan diwariskan secara turun-temurun. 

Dalam acara kultural ini, Yayasan Batik Indonesia akan menampilkan sebuah pameran edukatif yang ditampilkan lewat instalasi-instalasi modern sesuai dengan perkembangan zaman, berupa multimedia tunnel. 

Di sini pengunjung dapat menikmati pengalaman baru dengan masuk ke sebuah immerse experience, menampilkan animasi batik yang sudah mendapatkan sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia c.q. Direktur Merek dan Indikasi Geografis – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, yaitu: Batik Nitik, Batik Besurek, Batik Complongan, Batik Sarung Pekalongan, Batik Lasem. 

Halo Robotics memperkenalkan Solusi Drone untuk Operasi SAR

Halo Robotics memperkenalkan CZI LP35, spotlight dan loudspeaker yang dapat diintegrasikan dengan drone industri...

Hisense Luncurkan Laser Cinema PX3 Series dengan Layar Terbesar di Indonesia

Nikmati keseruan bioskop di rumah dengan layar 120” dan 150”, serta dapatkan mobil Wuling...

Gelar WSBP Inspiring Kindness: Kita Kuat, Indonesia Hebat, WSBP Berdayakan Bank Sampah untuk Lingkungan dan Ekonomi Berkelanjutan

Acara yang berlangsung di Bank Sampah Subang Berkebun, Kabupaten Subang pada 17 Oktober 2024...

- A word from our sponsor -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here