Kedua, gambarkan situasi yang sedang dihadapi saat ini, tetapi dengan perspektif seolah-olah hal ini terjadi lima tahun ke depan. Lalu, pertanyakan, apa yang akan Anda lakukan pada saat itu? Keputusan-keputusan apa yang akan Anda ambil?
Anda bahkan bisa membuat beberapa skenario, menyimulasikannya lengkap dengan dampak yang mungkin terjadi, sebelum kemudian membuat pilihan strategi yang akan diimplementasikan.
Ketiga, lakukan proses “zoom in zoom out” ini berulang-ulang secara bergantian sehingga kita bisa mendapatkan pemahaman secara menyeluruh tanpa meninggalkan hal-hal detail yang mungkin saja penting.
Dengan terbiasa menggerakkan sudut pandang ini, kita akan biasa berpikir strategik dengan melihat dunia secara keseluruhan, melihat industri kita, perusahaan kita, kompetitor kita, dan pelanggan potensial kita dalam 5, 10, dan 15 tahun mendatang.
Once the present and the future are put in perspective, we can focus on the future direction. Helicopter view helps leader to see from various angles.
EXPERD, HR Consultant/Konsultan SDM
Diterbitkan di Harian Kompas Karier 6 Mei 2023